WEBINAR LEMBAGA SENSOR FILM

Senin, 2 November 2020

Senin (02/11/2020) Sesditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI Aribowo Teguh Santoso, S.T., M.Si., hadir sebagai narasumber mewakili Dirjen Pothan Kemhan dalam Webinar Lembaga Sensor Film yang mengangkat judul Potensi Pertahanan dan Infiltrasi Budaya Asing melalui Film Indonesia.

Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa dalam menghadapi segala bentuk ancaman, baik ancaman militer maupun non militer. Bukan hanya tanggung jawab TNI selaku Komponen Utama namun menjadi tanggung jawab seluruh warga negara. Hal ini dikarenakan sistem pertahanan yang dianut adalah sistem pertahanan rakyat semesta dimana sistem ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya yang dipersiapkan secara dini oleh Pemerintah kemudian dilaksanakan secara sinergi antara Kementerian Pertahanan dengan Kementerian dan Lembaga lainnya serta Pemerintah Daerah.

Undang-undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara pada Pasal 7 Ayat 3 disebutkan bahwa pengelolaan sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman non militer menempatkan lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan menjadi unsur Utama sesuai dengan bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi dengan didukung oleh unsur lain dari kekuatan bangsa.

Jadi dalam menghadapi infiltrasi budaya asing melalui film, maka yang menjadi garda terdepan adalah Lembaga Sensor Film Indonesia. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Pelaksanaan Webinar Lembaga Sensor Film berjalan dengan tertib, aman dan lancar. (Red Bagdatin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia