KEGIATAN RAPAT PENYUSUNAN RANCANGAN PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PEMBENTUKAN DAN PEMBINAAN ANGGOTA KOMPONEN CADANGAN TA. 2018 3 SEPTEMBER 2018

Senin, 3 September 2018

1

Kegiatan Rapat Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Pembentukan Dan Pembinaan Anggota Komponen Cadangan TA. 2018 berlangsung di Ruang Rapat Abdi Negara Gd. R. Soeprapto Lt. 8 pada tanggal 3 September 2018 dipimpin oleh Sesditjen Pothan Kemhan Marsekal Pertama TNI Danardono S. Adji, M.P.P. yang dihadiri oleh Pejabat dari Kementerian BUMN, Kemendagri, Kemenristekdikti, Kementerian PAN dan RB, Kemen PPN/Bapenas, Kemenkopolhukam, Kemendiknas dan Tenaga Kerja, Pejabat dari Ditjen Renhan Kemhan, Direktorat Perundang Undangan Strahan Kemhan dan Biro Hukum Setjen Kemhan, Pejabat dari TNI (TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara), Bapak DKS Nugraha SP,M.Si, MBA-GSC (CSDS Universitas Indonesia) dan undangan

2

Proses Penyusunan Rancangan Undang-Undang atau peraturan perundang-undangan yang akan dibuat memerlukan proses yang panjang dan memerlukan persiapan yang panjang tentang konteks dan obyek serta sasaran dari pada Undang-Undang atau Peraturan Perundang-undangan yang akan dibuat. Hal ini adalah sangat penting dan utama untuk menjadi pertimbangan strategis dalam penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan itu sendiri. Peraturan Perundang undangan yang ada di Indonesia mengacu pada landasan Idiil yaitu Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional. Peraturan perundang -undangan yang dibuat atau disusun tidak boleh bertentangan dengan peraturan lainnya yang mengatur obyek dan sasaran yang sama. Hal ini merupakan hal yang perlu menadi perhatian oleh penyusun atau Tim perancang peraturan perundang-undangan.

3

Penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan memerlukan pemikiran dan penguasaan substansial tentang materi pokok subyektif pembahasan Rancangan peraturan itu sendiri, serta kemampuan dibidang Hukum dan Perundang-undangan, sehingga Kontelasi dan tata urut perundang-undangan yang berlaku dan saling berkesinambungan dan sesuai tata urut perundang- undangan di Indonesia. Hal ini menjadi suatu hal yang perlu kita perhatikan bersama dalam rangka menyusun Rancangan peraturan perundang-undangan. Dengan demikian sasaran dan obyek serta maksud dan tujuan penyusunan Rancangan Peraturan Perundang-undangan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kepentingan pembuatan Peraturan itu sendiri yang sifatnya mengikat dan mempunyai kekuatan Hukum.

4

Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah harus memperhatikan subyek yang diamanatkan oleh Undang-Undang yang ada diatasnya, sehingga penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah sebagai pelaksanaan dari Undang-Undang, agar amanat dari Undang-Undang itu sendiri tepat sasaran dan sesuai kontelasi hukum yang ada di Indonesia.

5

Rancangan Undang-Undang Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (RUU-PSDN), adalah merupakan pola acuan Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Pembentukan dan Pembinaan Anggota Komponen Cadangan. Komponen cadangan ini diharapkan akan lebih Komprehensif untuk memperkuat komponen utama dalam sistem Pertahanan Negara.

6

Pada kesempatan ini Kementerian Pertahanan RI mengharapkan agar Tim Pokja Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pembentukan dan Pembinaan anggota Komponen Cadangan, akan dapat bekerja dengan baik, dapat mensikapi sesuai dengan perkembangan ancaman kedepan, tujuan dan kepentingan Nasional Indonesia sehingga Konsep Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pembentukan dan Pembinaan Komponen Cadangan dapat tersusun secara sistimatis dan komprehensif.

7

Diharapkan Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pembentukan dan Pembinaan anggota Komponen Cadangan ini akan berjalan dengan lancar, sejalan dengan penyusunan Undang-Undang Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (RUU-PSDN) dapat dilaksanakan ketika sudah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kegiatan Rapat Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Pembentukan Dan Pembinaan Anggota Komponen Cadangan TA. 2018 berjalan dengan tertib, aman dan lancer. (Red. Bag Datin)

.

♥ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN… KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go.id




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia