KEGIATAN PENDIDIKAN KESADARAN BELA NEGARA (PKBN) PADA PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) DI ITENAS – BANDUNG 25 AGUSTUS S.D. 28 AGUSTUS 2018

Senin, 27 Agustus 2018

1

Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan M.Si menjadi pembicara utama pada kegiatan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) 2018 di Institut Teknologi Nasional – Bandung, yang dihadiri oleh peserta sebanyak 1702 orang mahasiswa baru Itenas angkatan 2018. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 28 Agustus 2018 dan berlangsung di Bale Dayang Sumbi Gedung Serba Guna Institut Teknologi Nasional Jalan PKH. Mustopha No.23 – Bandung dengan topik pembekalan “ Tataran Dasar Bela Negara dan Peran Generasi Mahasiswa Dalam Industri Pertahanan Dalam Negeri.“ Kegiatan ini diselenggarakan dalam mendukung program Pembinaan Kesadaran Bela Negara pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru Itenas Tahun 2018

2

Kegiatan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) Pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Itenas-Bandung ini dihadiri oleh Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan M.Si, Rektor Itenas, Danrindam, Aster Kasdam III/SLW, Mayjen TNI Asro Budi dari Lemhanas, Direktur Bela Negara, Kasubdit Lingdik Bela Negara, Dandodik Bela Negara, Civitas Akademik Itenas, Perwakilan Badiklat Kemhan dan undangan lainnya.

4

Dalam pembekalan kegiatan ini Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan M.Si memberikan pembekalan kepada mahasiswa Itenas angkatan tahun 2018 diantaranya mengenai :

7 (tujuh) Program Prioritas Hankam berupa Propelan, Radar, Roket, Rudal, Medium Tank, Kapal Selam dan Pesawat Tempur

5

Proxy War /Perang Modern. Dimana Perang yang menggunakan pihak ketiga sehingga pengganti dapat berkelahi satu sama lain secara langsung. Metode Brain Washing yaitu dengan mengubah ideologi, paradigma, perilaku kebiasaan dan budaya melalui provokasi dan pecah belah; bentuk separatis dan pemberontak; ikut kemauan dan kehendak mereka; dan ujungnya menguasai Indonesia.

6

Sehingga dari hal tersebut di atas, maka diperlukan Karakteristik SDM saat ini yang memiliki :

  1. Skill. Dengan penguasan teknologi, penguasaan software, kemampuan bahasa Inggris.
  1. Knowledge. Dengan penguasaan ilmu dan penguasaan IT
  2. Attitude . Dengan Bela Negara, Kerja Keras, Ulet-Pantang Menyerah, dan Belajar sepanjang hayat.

7

Penekanan yang diberikan oleh Dirjen Pothan Kemhan Prof. Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan M.Si kepada seluruh Mahasiswa baru Itenas tahun 2018 diantaranya

1. Agar seluruh Mahasiswa mempunyai Jiwa Bela Negara, Mencintai Negara, mengenali Tanah Air, Memakai produk Indonesia dan terus Berprestasi.

2. Belajar keras dan pantang menyerah dengan menggunakan waktu secara efektif , serta berorganisasilah untuk membangun jejaring.

3. Membangun Diri dengan memiliki knowledge, skill dan attitude yang diharapkan sehingga dapat menjadi pemimpin yang memberikan solusi dan mengedepankan hati nurani , pandai merasa bukan merasa pandai:

4. Industri Pertahanan menunggu Kiprah dari seluruh Mahasiswa Itenas

5. Jadilah Kader Muda Bela Negara Bhinnekanya Indonesia adalah Kekayaan yang harus kita jaga dan jadikan modal untuk Indonesia yang maju, adil, makmur dan sejahtera.

8

Kegiatan Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) pada Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa baru (PKKMB) 2018 di Institut Teknologi Nasional – Bandung Ini berlangsung dengan lancar dan baik. (Red. Bag Datin)

.

♥ KOMENTAR, SARAN, MASUKAN… KIRIM KE : komentar.pothan@kemhan.go.id

♦ FOTO-FOTO KEGIATAN PKB DI KAMPUS ITNAS KLIK DISINI




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia