DIT BELA NEGARA MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGAWASAN DAN EVALUASI PROGRAM KEGIATAN TMMD KE – 101 TA. 2018 DI KODIM 0734/YKA KOREM 072/PMK KODAM IV/DIPONEGORO – JAWA TENGAH

Selasa, 24 April 2018

1

Kegiatan Wasev TMMD 101 TA.2018 dilaksanakan Kodim 0734/YKA minggu ke IV bulan Maret sampai dengan April 2018 (30 hari). Pengawasan dan Evaluasi Program TMMD yang dilaksanakan diwilayah Kodim 0734/YKA Korem 072/PMK dihadiri oleh Kasubdit Lingja Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Kolonel Inf. Sudi Prihatin S. Sos dan instansi pemerintah terkait. Bertempat diwilayah Kodim 0734/Yka dilaksanakan di wilayah Kel. Pandeyan Kec. Umbulharjo Kota Yogyakarta. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini dilaksanakan setiap tahun sebanyak dua kali dan hasilnya telah dapat dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di pedesaan.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian/ Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta masyarakat, yang dilaksanakan bersama-sama dan berkesinambungan dalam upaya membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah-daerah. Pembangunan diprioritaskan pada daerah miskin/ tertinggal, terisolir/ terpencil, daerah perbatasan/ pulau-pulau terluar dan daerah-daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana dalam rangka memberdayakan Wilayah Pertahanan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

4

Peran TNI tidak dapat dipisahkan dari keterpaduan peran TNI yang utuh menyeluruh, dalam rangka Pertahanan Negara dan Pembangunan bangsa.TNI selalu terpanggil untuk terjun langsung dengan karya nyata ditengah-tengah masyarakat sesuai bidang pengabdiannya. Kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan pembangunan fisik dan non fisik, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memelihara serta memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat.

5

Pemberian CD Bela Negara oleh Tim Wasev sangat membantu Penyelenggaraan Sosialisasi bela negara di daerah sasaran TMMD. Secara kualitatif hasil TMMD telah dapat memberikan gambaran bahwa rakyat sangat berterimakasih atas apa yang dibangun oleh TMMD, terutama pembuatan talud bronjong Sungai Gajahwong RT 52 RW 10 Kel. Pandeyan Kec. Umbulharjo Kota Yogyakarta Sepanjang 147 Meter serta Rehap 10 rumah bagi warga yang tidak mampu di Kec. Umbulharjo Kota Yogyakarta. Kegiatan wasev ini berjalan dengan tertib, lancar dan aman. (Red. Bag Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia