PEMBENTUKAN KADER BELA NEGARA DI PROVINSI SULAWESI TENGAH TA. 2018.

Kamis, 29 Maret 2018

FT 1 SULTNEG

Kegiatan Pembentukan Kader Bela Negara di Prov. Sulawesi tengah, dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 27 s.d. 29 Maret 2018, bertempat di Asrama Haji Palu. Dengan peserta kegiatan Pembentukan Kader Bela Negara di Prov. Sulawesi tengah, sebanyak 300 orang terdiri dari unsur komponen masyarakat di Prov. Sulawesi tengah Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah : Adanya kerjasama antara Kemhan, dengan Pemerintah Daerah untuk kegiatan Pembentukan Kader Bela Negara di Prov. Sulawesi tengah agar dapat menerapkan nilai-nilai Bela Negara kepada masyarakat yang ada di lingkungannya. Kegiatan ini sebagai tahapan untuk memantapkan sekaligus mengembangkan sikap bela negara terhadap seluruh komponen bangsa dalam lingkungan pendidikan, pekerjaan dan pemukiman. sehingga tercipta kesamaan visi, misi dan persepsi serta tindakan nyata bagi kader bela negara di seluruh wilayah Indonesia, dimana hal ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari Pembangunan Nasional.

FT2 SULTENG

Adapun sasaran yang dilaksanakan sebagai berikut : Meningkatkan nilai-nilai Bela Negara agar diketahui, dimengerti dan dipahami serta diamalkan oleh bangsa Indonesia khususnya masyarakat Prov. Sulawesi Tengah dan sekitarnya sebagai momentum strategis untuk menjadikan Bela Negara sebagai gerakan nasional yang akan menumbuhkan jiwa patriot dan rasa nasionalisme serta tertanamnya nilai-nilai Bela Negara di seluruh kalangan masyarakat dalam pengabdiannya kepada Negara Indonesia sesuai dengan profesi masing-masing; Mengimplementasikan hak dan kewajiban dalam Bela Negara, tumbuhnya semangat kebersamaan sebagai warga dan bangsa Indonesia serta tumbuhnya kesadarannya untuk ikut bertanggungjawab dalam menjaga Ketahanan Nasional disegala bidang dan stabilitas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia: serta menumbuhkembangkan kesadaran Bela Negara serta mencurahkan sepenuh hati untuk membangkitkan semangat serta keyakinan akan hak dan kewajibannya untuk membela negara yang dijiwai oleh rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara serta semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara secara sadar tulus dan ikhlas.

Materinya yang akan diberikan sebagai berikut:Kearifan Lokal; Wawasan Nusantara; Kepemimpinan berwawasan Bela Negara;Tataran Dasar Bela Negara;Empat Konsensus Dasar; Penyuluhan masyarakat tentang Kabtibmas; Sejarah perjuangan bangsa;Terorisme dan Radikalisme; Penyuluhan tentang Narkoba; Penyuluhan tentang Bencana Alam; Bimsuh; Renungan Malam/Api Unggun serta PBB dan Kerja Bhakti. Diharapkan program pembentukan Kader Bela Negara merupakan bagian dari suatu proses pembentukan Sumber Daya Manusia yang tidak akan pernah berhenti, senantiasa berlanjut dan berkesinambungan serta disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. (Red Bag. Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia