PEMBENTUKAN KADER BELA NEGARA DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Kamis, 29 Maret 2018

ft1 kalbarKegiatan Pembentukan Kader Bela Negara di Prov. Kalimantan Barat dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 27 s.d. 29 Maret 2018, bertempat di. Aula Dodik Belanegara Rindam XII/Tpr Singkawang. Dengan peserta kegiatan Pembentukan Kader Bela Negara Kalimantan Barat, sebanyak 300 orang. Adapun Materi yang diberikan diantaranya : Tataran Dasar Bela Negara ;Wawasan Kebangsaan; Empat Konsensus Dasar; Pencegahan Narkoba; Terorisme Dan Radikalisme; Penanggulangan Bencana; PBB; Sejarah Perjuangan Bangsa.

ft2 KalbarKesadaran Bela Negara menjadi modal bagi bangsa indonesia sekaligus menjadi berpengaruh mencegah ( detterence effect ) bagi bangsa lain yang ingin mengganggu, mengancam bahkan menghancurkan Indonesia dari berbagai sisi. Essensi kesadaran bela negara, yang dalam pertahanan negara merupakan landasan bagi terbangunnya sistem pertahanan semesta, baik dalam menghadapi ancaman militer maupun ancaman nonmiliter. Pembentukan Kader Bela Negara di setiap Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. pembentukan Kader Bela Negara bukan wajib militer namun merupakan upaya penanaman nilai-nilai patriotisme, cinta tanah air dan kesadaran Bela Negara kepada setiap warga negara sesuai profesi masing- masing.

ft3 kalbar

Pembentukan kader bela negara bagi seluruh komponen bangsa Indonesia ini untuk mewujudkan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sebagai Kader Bela Negara harus mampu jadi contoh dan panutan, senantiasa menuntut ilmu dan senantiasa mengikuti dan mewaspadai setiap perkembangan yang ada di lingkungan masing-masing serta dapat berkontribusi terhadap pembangunan dan kemajuan bangsa sesuai dengan profesi kita masing-masing, dan ciptakan kondisi lingkungan yang mampu menunjukkan sikap dan perilaku yang dijiwai nilai-nilai bela negara. (Red Bag. Datin)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia