TRANSLATE

Kemhan dan BNI Tandatangan Kerja Sama Bela Negara

Kamis, 8 Oktober 2015

Kemhan dan BNI Tandatangan Kerja Sama Bela Negara

[JAKARTA] Kementerian Pertahanan (Kemhan) melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) melakukan tandatangan kerjasama untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bela Negara. Penandatanganan dilakukan di Badiklat Kemhan, Jakarta, Rabu (7/10).

Penandatanganan dilakukan Kepala Badiklat Mayjen TNI Hartind Asrin dan Direktur Jaringan dan Layanan PT BNI Tbk Adi Sulistyowati.

Nota kerjasama berisikan Badiklat sebagai penyelenggara Diklat Bela Negara. Sementara pesertanya adalah karyawan BNI di seluruh tanah air.

“Kami siap melaksanakan Diklat Bela Negara kepada karyawan BNI dengan melakukan persiapan seperti penyusunan, pengorganisasian, rencana pelaksana dan administrasi. Kegiatan ini nantinya untuk melahirkan pemimpin yang berkarakter dan memiliki kemampual awal bela negara untuk ditumbuhkembangkan di lingungkan TNI,” kata Kabadiklat Hartind.

Sementara Sulistyowati mengemukakan pada tahap awal, kegiatan bela negara itu akan diikuti oleh para pemimpin wilayah, wakil pimpinan wilayah, pemimpin cabang dan sentra kredit. Diklat dilaksanakan di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Sentul, Bogor, 10-11 Oktober 2015.

“Tahap awal diberikan kepada pimpinan karena mereka adalah model atau panutan bagi bawahannya. Sebagai bank pertama pemerintah yang lahir masa kemerdekaan, BNI bertanggung jawab untuk ikut bela negara,” tuturnya.

Sumber : http://sp.beritasatu.com/nasional

.
Mulai 1 Januari Kemhan Gelar Diklat Bela Negara

Jakarta, GATRAnews – Kementrian Pertahanan melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kemhan akan mencanangkan Pendidikan dan Pelatihan bela negara yang akan dimulai pada 1 Januari 2016 mendatang.

Menurut Kepala Badiklat Kemhan, Mayjen TNI Hartind Asrin, setiap warga negara wajib mengikuti bela negara sesuai dengan Undang-Undang No 3 Tahun 2002 dan dalam rangka Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).

“Diklat bela negara sesuai dengan amanah konstitusi kita. Pak Menhan mencanangkan program bela negara sebagai ikon Kemhan,” ujarnya dalam konferensi pers di Badiklat Kemhan, Salemba, Jakarta, Rabu (7/10).

Tak tanggung-tanggung, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mulai 1 Januari nanti akan mencanangkan gerakan 100 juta kader bela negara yang akan mengikuti latihan semi militer.

Kemhan pun telah menyiapkan 820 pusdiklat dan dipusatkan di PMPP, Sentul, Bogor. “Kami sudah siapkan kurikulum mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi,” lanjut Jenderal Bintang 3 itu.

Hari ini, Kemhan telah menandatangani MoU dengan Bank Negara Indonesia (BNI) yang akan mengikutsertakan para pimpinan wilayah, wakil pimpinan, dan pimpinan cabangnya sebagai peserta diklat yang meliputi pelatihan fisik, militer dan pemahaman tentang bela negara.

“Pelatihannya mendekati pelatihan militer, 80% nya merupakan pendidikan militer seperti latihan fisik, Baris berbaris, menggunakan alutsista dan pemahaman tentang bela negara,” ungkap Hartind.

.
Kemenhan Siap Gembleng Pegawai BNI

MONITORDAY.com, Jakarta – Bank Negara Indonesia (BNI) mulai menyiapkan pemimpin yang andal. Nah pegawai yang disiapkan jadi pemimpin bank plat merah itu akan digembleng dalam diklat yang diberi tajuk Diklat Kader Bela Negera.

BNI akan menggandeng Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kementrian Pertahanan dalam menggembleng pegawainya. Kerjasama itu, diwujudkan dalam MoU yang ditandatangani Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin dan Direktur Jaringan dan Layanan PT BNI Adi Sulistyowati, di Ruang Ki Hajar Dewantara, Kantor Badiklat Kemhan, Salemba, Jakarta pusat, kemarin.

Lebih lanjut Hartind mengatakan, diklat ini dilatar belakangi keinginan Direksi BNI. Mendapat kepercayaan,Kemhan siap mendidik pegawai BNI sehingga mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi, disiplin, jiwa korsa dan loyalitas seperti yang dimiliki prajurit TNI.

“Diklat Kader Bela Negara bagi pegawai BNI ini bertujuan untuk mewujudkan pemimpin yang berkarakter dan memiliki kemampuan awal bela negara untuk ditumbuhkembangkan di lingkungan BNI,” kata Hartind di Kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (7/10).

Untuk itu, pihaknya telah melakukan segala persiapan dengan menyusun pengorganisasian, rencana pelaksanaan, dan rencana administrasi. Diklat Kader Bela Negara pegawai BNI akan diikuti oleh para Pimpinan Wilayah, Wakil Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, Sentra Kredit. Diklat akan dilaksanakan di hari Sabtu dan Minggu tanggal 10 sampai 11 Oktober 2015 di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI (PMPP TNI) di Sentul, Bogor, Jawa Barat. –

See more at: http://www.monitorday.com/detail/15970/kemenhan-siap-gembleng-pegawai-bni#sthash.yhQU5tZq.dpuf




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia