TRANSLATE

Ini Strategi Kemhan Membentuk Karakter Generasi Muda Indonesia

Selasa, 15 September 2015

Ini Strategi Kemhan Membentuk Karakter Generasi Muda Indonesia

JAKARTA – Kementerian Pertahanan melalui Desk Pengendali Pusat Kantor Pertahanan (Desk PPKP) menggelar kegiatan puncak Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2015. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana sosialisasi untuk membentuk karakter generasi muda Indonesia.

Lomba ini dilaksanakan sejak tanggal 7 sampai dengan 11 Sepetember 2015, dengan tema “Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda, Kita Tumbuhkan Budaya Maritim Indonesia”.

Kegiatan ini diikuti mahasiswa/mahasiswi dan pelajar SLTA Sederajat dari seluruh Indonesia. Adapun materi kegiatan meliputi lomba menulis artikel tingkat mahasiswa/ mahasiswi se-Indonesia dan diskusi/uji argumen pelajar SLTA se-Indonesia.

Untuk lomba menulis artikel bersifat perorangan yang diikuti oleh 34 mahasiswa/mahasiswi dari 34 provinsi. Sedangkan lomba diskusi bersifat tim yang diikuti oleh 34 tim dengan pesert berjumlah 102 Siswa/Siswi.

Staf Pusat Komunikasi Publik Kemhan, Letkol Chk. Berty Sumakud, Jumat (11/9), menjelaskan sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini.

Menurut Berty, sasaran kegiatan ini adalah tercapainya kemampuan mengekspresikan pemikiran baik secara lisan maupun tulisan tentang bela negara serta cinta Tanah Air.

Selain itu, tercapainya pembinaan pembentukan karakter bangsa yang ulet, tangguh, berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara dan tersosialisasikannya program bela negara di lingkungan mahasiswa/mahasiswi dan palajar SLTA sederajat di seluruh Indonesia.

Selain mengikuti kegiatan lomba, para peserta Lomba PCTA 2015 juga mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan city tour berupa wisata sejarah dan budaya yang ada di sekitar DKI Jakarta.

Selain itu, para peserta juga berkesempatan bertatap muka dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pada tanggal 10 September 2015.

Lomba PCTA adalah kegiatan yang digagas oleh Kemhan sejak tahun 2012. Sampai saat ini, Kemhan telah membentuk Ikatan Alumnni PCTA di setiap provinsi sebagai kader bela negara di lingkungan pendidikan yang dibina oleh Kemhan dan didukung oleh Pemda serta TNI.

.
Sumber : http://www.jpnn.com/read

.
Tumbuhkan Nasionalisme, Kemenhan Gelar Lomba Parade Cinta Tanah Air

RMOL. Kementerian Pertahanan memiliki tanggung jawab dalam membentuk karakter bangsa. Melalui Parade Cinta Tanah Air 2015 diyakini karakter kebangsaan, cinta tanah air serta semangat patriotisme untuk generasi muda semakin tertanam.

Demikian disampaikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam acara tatap muka dengan peserta Lomba Parade Cinta Tanah Air 2015 di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (10/9)

Menurut Menhan, generasi muda adalah garda terdepan dalam pembangunan nasional nilai-nilai membela negara. Nilai-nilai tersebut seperti cinta tanah air, membela Pancasila sebagai ideologi negara serta rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu menambahkan rasa cinta tanah air ini dibutuhkan dalam menjaga kedaulatan negara, sebab Indonesia sebagai negara kepulauan harus memiliki sistem ketahanan yang tanggung dan kuat dalam mengatasi tiap ancaman.

“Kemampuan menangkal ancaman salah satunya kesadaran bela negara demi pembangunan nasional, itu kewajiban dengan penuh sadar dalam mengabdi,” pungkas Ryamizard.

Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) merupakan kegiatan yang digagas Kemenhan sejak tahun 2012. Sampai saat ini kemnhan telah membentuk ikatan alumni PCTA di setia provinsi sebagai kader bela negara.

Kegiatan ini dikikuti oleh mahasiswa-mahasiswa, pelajar SLTA sederajat di seluruh Indonesia dengan tema “Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda, Kita Tumbuhkan Budaya Maritim Indonesia”.

Kegiatan diisi dengan lomba menulis artikel dan diskusi serta city tour di situs sejarah dan budaya yang terletak di ibu kota.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia