TRANSLATE

Parade Cinta Tanah Air, 30 Tim Bersaing Jadi Wakil Kalbar

Selasa, 18 Agustus 2015

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA – Sebanyak 30 tim dari berbagai SMA di Kalbar mengikuti diskusi Parade Cinta Tanah Air Tahun 2015. Agenda tetap dari Kementerian Pertahanan RI setiap tahunnya selalu digelar secara paralel diseluruh wilayah Indonesia.

Koordinator Daerah Kalbar Kemenhan RI, Ruddy Prasemilsa mengatakan pemenang dari diskusi parade cinta tanah air ini akan diikutsertakan pada Diskusi Cinta Tanah Air tingkat nasional yang akan digelar di Jakarta pada 8-12 September mendatang.

“Mereka nantinya akan diseleksi dan akan mewakili Kalbar untuk tingkat provinsi. Tahun lalu wakil dari Kalbar yakni SMA Imanuel keluar sebagai juara tingkat nasional. Mudah-mudahan tahun ini Kalbar mampu mempertahankan gelar,” katanya sesaat setelah dimulai diskusi di Aula Makodam XII/Tpr.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini, dijelaskan oleh Rudi untuk antisipasi dari adanya dampak deras arus globalisasi yang masuk sehingga mulai tidak tampak nilai perjuangan bangsa oleh generasi muda.

“Upaya-upaya yang kita lakukan untuk membangun karakter bangsa terutama pada anak muda tidak boleh terhenti, apakah itu melalui jalur pendidikan formal maupun kegiatan non formal,” katanya.

Dikatakanya, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dari Menhan bersama dengan Kementrian lainya untuk menagkal dampak negatif dari globalisasi dengan meningkatkan sikap cinta tanah air dan bela negara.

Sementara itu, Tim dari SMAN 1 Pontianak yaitu Dinda, Salsafira dan grace Marta berharap mereka mampu mewakil Kalbar untuk mengikuti diskusi parade cinta tanah air di Jakarta.

“Saya sudah menyiapakan segala sesuatunya dengan memperbayak membaca dan menonton berita di TV untuk mengetahui isu hangat apa yang lagi banyak diperbincangkan di Indonesia,” ujar Dewi siswi kelas XI IPA SMAN 1 Pontianak ini.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia