TRANSLATE

Kemenhan Terapkan Zona Bebas Korupsi

Selasa, 28 April 2015

Kemenhan Terapkan Zona Bebas Korupsi

JAKARTA – Sebagai pencegahan korupsi, pemerintah melalui Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2014 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi terus berupaya melakukan pencegahan di berbagai instansi pemerintahan terutama di lingkungan Kementerian. Terlebih, Inpres tersebut juga diperkuat oleh Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Nomor 52 Tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menjadi salah satu lembaga yang mencanangkan Pembangunan ZI dalam rangka mewujudkan WBK dan WBBM. Pencanangan Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di lingkungan Kemhan dan TNI ditandai dengan Penandatangan Piagam Pencanangan Pembangunan ZI oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, di Kemenhan, Senin (27/4).

Menhan Ryamizard Ryacudu mengatakan, pencanangan ZI bebas korupsi merupakan momentum agar Kemenhan bersih dan efektif. Menurutnya, Kemenhan sebagai instansi pemerintah turut berperan serta dan aktif dalam menuju bebas korupsi dan birokrasi yang bersih.

Sumber : http://news.viva.co.id/nusantara/sinar-harapan

.
Ini Cara Ryamizard Melawan Korupsi di Kantornya

RMOL. Untuk menciptakan wilayah bebas korupsi dan birokrasi yang bersih, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Pencanangan sendiri merupakan momentum tepat untuk menegaskan pimpinan dan seluruh aparatur negara bekerja secara transparan dan professional. Demikian disampaikan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi, di Jakarta, Senin (27/4).

Pencanangan ZI merupakan suatu peristiwa bersejarah dan monumental karena hal ini membuktikan bahwa Kemhan bersama dengan TNI memiliki komitmen kuat untuk mewujudkan island of integrity yang merupakan sebuah miniatur reformasi birokrasi di lingkungan kerjanya,” katanya.

Menurut Yuddy, ZI merupakan komitmen yang kuat dari pemerintahan Jokowi dan juga merupakan komitmen yang kuat dari kita semua untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa pemerintah dan seluruh aparaturnya untuk bersikap transparan dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan juga untuk menyelenggarakan birokrasi yang akuntabel dan professional.

Lanjut Yuddy, indikator dari keberhasilan pencanangan ZI tidak terletak terlepas dari momentum seremonialnya, tapi waktu yang akan membuktikan apakah sebuah institusi benar-benar menjadi sebuah wilayah institusi birokrasi yang memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada internal maupun eksternal.

Diakui Yuddy Kementerian Pertahanan adalah institusi yang eksklusif. Institusi ini sarat dengan kerahasiaan dan memiliki spesifikasi yang khusus dalam tata kelola organisasi dan birokrasinya, sehingga melaksanakan tugas-tugas yang sangat spesifik dalam pemerintahan.

Dengan penandatanganan komitmen ini, Kementerian Pertahanan dan TNI dituntut untuk tetap memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Hadir dalam pencangan ZI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi bersama Plt. Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki, dan Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana menyaksikan penandatanganan komitmen untuk membangun ZI oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

.
Menhan Terapkan Zona Integritas Demi Birokrasi Bersih

Jakarta, GATRAnews – Menhan Ryamizard Ryacudu mencanangkan zona integritas di lingkungan Kemenhan. Menurut Ryamizard diharapkan birokrasi bersih dan pelayanan di Kemenhan menjadi optimal. Acara pencanangan zona integritas digelar di Kantor Kemenhan Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (27/4).

Hadir dalam acara ini pimpinan KPK Taufiequrrachman Ruki, Johan Budi, Adnan Pandu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Ketua Ombudsman Danang Giri Wardana, serta Men PAN RB Yuddy Chrisnandy. “Berdasarkan dengan apa yang dicantumkan dalam Nawacita, Presiden Jokowi dalam melaksanakan ?reformasi briokrasi yang lebih bersih dan transparan. Diharapkan perubahan-perubahab positif dalam bidang kelembagaan baik SDM maupun budaya kerja menjadi poin penting dalam pelaksanaan zona integritas bebas korupsi,” jelas Menhan.

Menurut Menhan masyarakat menuntut lingkungan birokrasi bersih dan pemerintah bebas dari korupsi, agar lebih akuntabel dan transparan. “Tuntutan masyarakat transparansi dan birokrasi bersih, agar pelayanan kepada publik yang optimal,” imbuh Ryamizard.

Pencanangan pembangunan Zona Integritas adalah satu tahapan pertama dalam pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan melalui deklarasi/pernyataan dari pimpinan suatu instansi pemerintah yang menyatakan bahwa instansinya telah siap untuk membangun Zona Integritas.

“Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” tuturnya.

.
KPK: Jika Menhan Mengatakan Sudah Masuk Zona Integritas, Siap dan Laksanakan

Jakarta – Menhan Ryamizard Ryacudu menerapkan zona integritas di lingkungan Kemenhan dan TNI. Apa yang dilakukan Menhan mendapat apresiasi. Plt Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki pun memujinya.

“Kepatuhan pada pimpinan dan ketaatan pada norma-norma yang ada kita bangun sudah sejak lama. Dan jika Menhan sudah mengatakan untuk masuk dalam zona integritas maka jawaban kita hanya satu yaitu siap dan laksanakan,” terang Ruki dalam pidato sambutan di Kemenhan, Senin (27/4/2015).

Menurut Ruki, apa yang dilakukan Kemenhan ini patut diapresiasi. Karenanya wajib untuk menaati saat zona integritas diberlakukan.

“Modal kita dan Anda sudah cukup, yang ada cuma 1 hal kenapa negeri ini menjadi seperti ini, itu ?karena kita sudah kehilangan kehormatan dan kedisiplinan,” tegas Ruki.

“Sepeti kita melaksanakan salat subuh? itu 2 rakaat bukan 8 rakaat, itu? karena kita disiplin, dan kedisplinan itulah yang menjadi kehormatan kita. Karena kita memiliki kehormatan, maka dengan modal itu, zona integritas itu kecil tidak terlalu sulit, kembali pada Saptamarga dan prajurit,” tegas Ruki.

Sumber : http://news.detik.com/read/2015/04/27/




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia