TRANSLATE

Dengan Basah Kuyup, Panglima TNI Pimpin Apel Kesiapan Peringatan KAA

Jumat, 17 April 2015

Dengan Basah Kuyup, Panglima TNI Pimpin Apel Kesiapan Peringatan KAA

BANDUNG, KOMPAS.com – Aparat gabungan TNI dan Polri menggelar apel gelar pasukan pengamanan VVIP peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/4/2015). Apel dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Saat apel digelar, Kota Bandung diguyur hujan deras disertai petir yang menggelegar di atas langit. Kendati di bawah guyuran hujan, apel kesiapan KAA tetap dilanjutkan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ribuan aparat gabungan mulai dari Angkatan Darat, Kopassus, Angkatan Udara, Korpaskhas, Angkatan Udara, Kopaska dan kepolisian berbaris rapi di lapangan Gasibu meski di bawah guyuran hujan.

“Pengamanan kepada negara dilakukan secara baku dan terstandar, jelas, tegas. Jangan ragu-ragu menjalankan tugas (mengamankan KAA) dengan baik dan benar. Selamat bertugas, Tuhan menyertai kita,” tegas Jenderal Moeldoko dalam sambutannya saat memimpin apel gelar pasukan.

Hujan terus semakin deras. Ribuan aparat basah kuyup, begitupun dengan Moeldoko, Jenderal TNI bintang empat tersebut.

Seusai memberikan sambutan, Moeldoko menginstruksikan inspektur upacara untuk balik kanan dan membubarkan upacara.

.
Panglima TNI: Amankan KAA Masyarakat Harus Tetap Nyaman

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Panglima TNI Moeldoko menekankan, dalam pengamanan peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60, aktivitas masyarakat harus tetap nyaman. Namun, pengamanan para kepala negara peserta KAA tetap harus diberlakukan sesuai standar operasional yang jelas dan tegas.

“Kalau ada area yang tidak harus ditutup kenapa harus ditutup?,” ujar Moeldoko kepada wartawan di Lapangan Gasibu, Kamis (16/4).

Tetapi, kata Moeldoko, jika ada daerah yang tidak boleh diakses masyarakat umum, maka tidak ada toleransi bagi masyarakat untuk mengaksesnya. Semua personel pengamanan, harus tegas dalam menjalankan tugasnya namun masih memberikan kenyamanan.

Moeldoko mengatakan, tegas itu berarti seumpamanya masuk ke area tidak berkegiatan. Jika TNI-Polri menyatakan tidak bisa diakses, maka tidak boleh diakses. “Kalau pun masyarakat ingin mengambil foto, tidak ada toleransi yang diberikan untuk hal prinsip tapi masih memberikan kenyamanan,” katanya.

Disinggung terkait pengamanan KAA, Moledoko menuturkan, dari hasil pantauan jajarannya dan juga kepolisian, pengamanan dalam keadaan baik. Hingga saat ini, sudah ada 30 negara yang sudah konfirmasi untuk menghadiri peringatan KAA pada 24 April mendatang.

“Persiapan pengaman pasti berjalan terus,” katanya.

.
Panglima TNI Optimistis KAA Berjalan Lancar

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, optimistis pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) akan berjalan dengan lancar.

Hal itu berdasarkan pantauan yang dilakukan Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Intelejen Strategis (Bais), dan intelejen Polri.

“Semua dalam keadaan baik dan kondusif,” kata Moeldoko usai apel gelar pasukan pengamanan konferensi Asia Afrika (KAA) di Lapangan Gasibu, Kamis (16/4).

Selain itu, lanjut Moeldoko, antusiasme masyarakat Jabar khususnya Bandung turut memberikan kontribusi terhadap keamanan jelang KAA.

Menurutnya, masyarakat Bandung ingin membangun kebanggaan dengan memberikan keamanan dan kenyamanan jelang KAA.

“Kami berterima kasih kepada rakyat Jabar karena tidak saja memikirkan keamanan dan lebih jauh dari itu,” kata Moeldoko.
Meski begitu, kata Moeldoko, kegiatan intelejen dan pengamanan secara terutup tetap berjalan terus sampai pelaksanaan KAA nanti.

Pihaknya pun menyiapkan pengamanan terbuka dengan mengerahkan aparat TNI bersenjata lengkap. “Pasukan ini setengah terbuka dan terbuka utuh menyesuikan kondisi di lapangan,” kata Moeldoko.

Moeldoko mengatakan, pengamanan sendiri akan dilakukan secara ketat pada pelaksanaan KAA nanti. Tidak ada toleransi terhadap hal-hal yang akan mengganggu ketertiban dan keamanan pelaksanaan KAA.

.
Panglima TNI Takjub Warga Jabar Sambut KAA

BANDUNG – Panglima TNI Jenderal Moeldoko dibuat takjub dengan antusiasme warga Jabar, terutama warga Kota Bandung, yang menyambut baik puncak peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika yang aka?n digelar pada Jumat 24 April 2015.

Hal itu diungkapkan Moeldoko usai memimpin gelar pasukan pengamanan VVIP KAA di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Kamis (16/4/2015).

“Jajaran dari intelijen negara, semua dalam keadaan baik dn kondusif. Yang pasti warga Jabar luar biasa dalam menyambut ini,” jelas pria yang juga pernah menjabar sebagai Pangdam III/Siliwangi tersebut.

Menurutnya, warga bukan hanya memikirkan soal keamanan untuk para tamu yang akan hadir. Namun, warga menjadikan momen KAA sebagai kebanggaan bagi masyarakat Kota Bandung yang telah diberi kepercayaan oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Ini sungguh luar biasa. Kondisi ini pasti memberikan kontribusi positif pada faktor keamanan. Karena semua orang ingin menikmati acara tersebut dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan, pihaknya telah siap melakukan pengamanan terhadap sekira 130 tamu VVIP sesuai data yang telah dikonfirmasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Pengamanan, kata dia, akan dilakukan secara terbuka dan tertutup? yang akan disesuaikan agenda para tamu undangan yang datang. Bahkan untuk mengantisipasi adanya teror pihaknya juga telah menyiapkan pasukan sniper yang telah siap dibeberapa titik strategis.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia