TRANSLATE

Panglima TNI Dukung Badrodin Jadi Kapolri

Kamis, 16 April 2015

Panglima TNI Dukung Badrodin Jadi Kapolri

JAKARTA, KOMPAS.com – Komisaris Jenderal Badrodin Haiti rencananya akan segera menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR RI. Badrodin pun sudah mendapat dukungan dari Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko.

Saat keduanya bertemu di acara apel pasukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika, di Silang Monas, Jakarta, Rabu (15/4/2015), Moeldoko bertanya kepada Badrodin mengenai uji kelayakan dan kepatutan itu.

“Sebentar lagi ujian, ya? Kapan? Besok, ya?” tanya Moeldoko kepada Badrodin sambil tertawa.

“Ya, besok, besok,” jawab Badrodin singkat.

Setelah menanyakan hal tersebut, Moeldoko langsung menyatakan dukungannya kepada Badrodin. Menurut dia, segenap unsur TNI akan mendukung penuh Badrodin menjadi Kepala Polri definitif.

“Panglima TNI dukung penuh pokoknya. Dicatat ya, TNI dukung penuh. Jika kepala staf angkatan saja mendukung, apalagi TNI,” kata Moeldoko.

Mendapat dukungan tersebut, Badrodin hanya tersenyum dan tidak memberikan komentar apa-apa. Kepada wartawan, Badrodin menyatakan siap menjalani tes uji kelayakan oleh Komisi III DPR RI tersebut.

“Rencana sudah kita siapkan, dimulai dari visi misi dan program prioritas. Itu kita siapkan untuk bisa dilaksanakan pada 2015 dan 2016,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR berencana mendatangi rumah Badrodin siang ini sebelum melakukan tes uji kelayakan di DPR pada Kamis besok. Setelah itu, Komisi III akan melakukan rapat pleno untuk menyatakan lolos atau tidaknya Badrodin. Hasil rapat pleno itu kemudian dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan.

.
Panglima TNI Moeldoko Dukung Badrodin Jadi Kapolri

TEMPO.CO, Jakarta – Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Moeldoko mendukung Wakil Kepala Kepolisian Komisaris Jenderal Badrodin Haiti untuk menjadi Kepala Kepolisian yang baru. “Panglima TNI mendukung penuh,” kata Moeldoko seusai meninjau kesiapan pasukan pengamanan Konferensi Asia-Afrika di halaman Monumen Nasional, Jakarta, Rabu pagi, 15 Februari 2015.

Dalam peninjauan pasukan itu, Moeldoko didampingi Badrodin. Sebelum berpisah, Moeldoko mendoakan Badrodin yang bakal menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Dewan Perwakilan Rakyat pada Kamis besok, 16 April 2015. “Sukses, ya!” ujar Moeldoko sambil menjabat tangan Badrodin. Badrodin membalas dengan senyuman.

Siang ini, anggota Komisi Hukum DPR bakal mendatangi rumah Badrodin di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kedatangan itu merupakan tradisi yang kerap dilakukan anggota parlemen sebelum melaksanakan uji kelayakan calon Kapolri.

Pencalonan Badrodin Haiti sebagai Kapolri merupakan buntut dari penetapan tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi terhadap calon Kapolri sebelumnya, yaitu Komisaris Jenderal Budi Gunawan. Budi—yang sudah lolos uji kelayakan DPR—batal dilantik Presiden Joko Widodo, padahal pencalonan Budi merupakan rekomendasi Jokowi. Kasus Budi kini ditangani Kejaksaan Agung.

.
Canda Panglima TNI Soal Uji Kelayakan Badrodin Haiti

Jakarta, CNN Indonesia — Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti direncanakan menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kapolri oleh Komisi Hukum DPR, Kamis (16/4). Saat jadwal tes uji kelayakan tersebut semakin dekat, Badrodin mendapat dukungan dari Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

Saat keduanya bertemu di acara apel pagi jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KAA), Moeldoko memberikan pertanyaan pada Badrodin dalam menyongsong tes uji kelayakan tersebut. Dia menanyakan soal kapan ujian Badrodin akan dilaksanakan.

“Besok besok,” ujar Badrodin singkat.

Setelah menanyakan hal tersebut, Moeldoko langsung menyatakan dukungan terhadap Badrodin. Dia pun menegaskan TNI akan mendukung penuh Badrodin menjadi Kapolri definitif.

“Panglima TNI dukung penuh pokoknya. Dicatat ya, TNI dukung penuh,” ujar Moeldoko sambil kembali tertawa dengan Badrodin dan para perwira lainnya.

“Jika Kepala Staf Angkatan saja mendukung apalagi TNI,” katanya menambahkan.

Saat mendapat dukungan tersebut Badrodin hanya tersenyum dan tidak memberikan komentar apapun. Namun Badrodin menyatakan dirinya siap menjalani tes uji kelayakan oleh Komisi Hukum.

“Rencana sudah kami siapkan dimulai dari visi misi dan program prioritas yang kami siapkan untuk bisa dilaksanakan pada 2015 dan 2016,” kata Badrodin.

Jika tidak berubah, rencananya Komisi III akan mendatangi rumah Badrodin Haiti siang hari ini untuk melakukan kunjungan sebelum melakukan tes uji kelayakan di DPR. Namun Komisi III justru membuka peluang untuk tidak melakukan fit and proper test terhadap Badrodin.

Keputusan ada atau tidak mekanisme fit and proper test akan diputuskan dalam rapat pleno Komisi III DPR yang rencananya dilakukan hari ini, Rabu (15/4).

“Jadi kami besok akan pleno untuk membahas masukan-masukan dari Kompolnas, PPATK, dan KPK. Pleno akan membahas apakan rangkaian (fit and proper test) nanti akan dilanjutkan atau tidak,” ujar Ketua Komisi III DPR Azis Syamsuddin di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (14/4).

.
Panglima TNI Dukung Badrodin Maju Ujian Ke DPR

Kabar24.com, JAKARTA — Usai acara gelar apel pasukan pengamanan Konferensi Asia Afrika, Badrodin Haiti mendapat dukungan dari Panglima TNI Jenderal Moeldoko untuk menghadapi uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

Jenderal Moeldoko mengaku akan mendukung penuh pencalonan Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

“Ini mau ujian, Panglima TNI dukung penuh,” kata Moeldoko kepada Badrodin di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2015).

Suasana akrab penuh kehangatan pun tercipta antara keduanya. Moeldoko menegaskan TNI sangat mendukung pencalonan Badrodin sebagai Kapolri.

“Kalau Kepala Staf saja dukung, apalagi TNI,” kata Moeldoko.

Mendengar ungkapan Moeldoko itu, Badrodin hanya tersenyum-senyum. Badrodin mengatakan dirinya sudah siap mengikuti uji kepatutan dan kelayakan.

“Saya mohon doanya,” kata Badrodin.

Sementara apel gelar pasukan yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan VVIP Konferensi Asia Afrika dilaksanakan untuk meninjau kesiapan personel, materiil, dan alutista dari masing-masingg satuan.

TNI menyiapkan 16631 personel Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika ke-60 di Bandung dan Jakarta 19-24 April.

Sementara secara keseluruhan, Panglima TNI mengatakan terdapat sekitar 26 ribu personel dari TNI dan Polri. Selain itu, TNI juga menyiapkan pesawat tempur dan kapal perang dalam pengamanan kali ini.

.
Panglima TNI Dukung Badrodin Jadi Kapolri

Solopos.com, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan dukungan untuk Wakapolri Komjen Pol. Badrodin Haiti yang akan menghadapi uji kepatutan dan kelayakan di DPR sebagai calon Kapolri.

“Ini mau ujian, Panglima TNI dukung penuh,” kata Moeldoko kepada Badrodin seusai acara gelar apel pasukan pengamanan Konferensi Asia Afrika, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2015).

Suasana akrab penuh kehangatan pun tercipta antara keduanya. Moeldoko menegaskan TNI sangat mendukung pencalonan Badrodin sebagai Kapolri.

“Kalau Kepala Staf saja dukung, apalagi TNI,” kata Moeldoko.

Mendengar ungkapan Moeldoko itu, Badrodin hanya tersenyum-senyum. Badrodin mengatakan dirinya sudah siap mengikuti uji kepatutan dan kelayakan.

“Saya mohon doanya,” kata Badrodin.

Sementara apel gelar pasukan yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan VVIP Konferensi Asia Afrika dilaksanakan untuk meninjau kesiapan personel, materiil, dan alutsista dari masing-masingg satuan.

TNI menyiapkan 16.631 personel Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) VVIP untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika ke-60 di Bandung dan Jakarta 19-24 April 2015.

Sementara secara keseluruhan, Panglima TNI mengatakan terdapat sekitar 26.000 personel dari TNI dan Polri. Selain itu, TNI juga menyiapkan pesawat tempur dan kapal perang dalam pengamanan kali ini.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia