TRANSLATE

IRJEN KEMHAN MEMBERIKAN PENGARAHAN KEPADA CPNS PENTINGNYA BEROLAH RAGA

Selasa, 21 Desember 2021

Jakarta, (Selasa, 21 Desember 2021)

Jakarta – Untuk meningkatkan Kesehatan dan kesegaran jasmani, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M., memberikan pengarahan dan pembinaan pentingnya dalam menjaga kondisi tubuh dalam hal ini tetap menjaga dan melaksanakan kegiatan olah raga secara rutin dan benar.

Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh, tetapi masih sering kali terabaikan. Padahal, dengan berolahraga dan aktif bergerak secara rutin, tubuh dapat lebih bugar dan kesehatan Anda pun akan tetap terjaga. Tidak ada kata terlambat untuk berolahraga. Berapa pun usia Anda, aktivitas fisik dan olahraga secara rutin baik dilakukan agar tubuh lebih sehat dan kuat. Berikut ini adalah beragam manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

2. Mengendalikan kadar gula darah

3. Menjaga tekanan darah tetap stabil

4. Mencegah dan meringankan nyeri punggung

5. Menjaga berat badan tetap ideal

6. Menjaga tubuh tetap bugar dan kuat saat lanjut usia

7. Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Banyaknya Waktu Olahraga yang Dibutuhkan

Secara umum, orang dewasa berusia 19–64 tahun disarankan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Jika tidak sempat berolahraga, Anda juga bisa membagi waktu olahraga menjadi 2 sesi per hari, misalnya 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore hari.

Jika selama ini Anda tidak terbiasa berolahraga dan kurang aktif bergerak, cobalah lakukan olahraga secara bertahap. Anda bisa memulainya dengan olahraga yang sederhana dan ringan, misalnya berjalan santai atau naik-turun tangga.

Jenis aktivitas ini bisa membuat detak jantung meningkat dan membuat tubuh banyak berkeringat.

Saat tubuh sudah mulai terbiasa, Anda bisa meningkatkan intensitas dan waktu olahraga sesuai kemampuan tubuh. Olahraga secara rutin baik dilakukan untuk orang yang sehat dan memiliki kondisi medis tertentu. Sebelum memulai olahraga, jangan lupa untuk melakukan pemanasan, ya.

Namun, agar lebih aman, orang dengan kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung atau kelebihan asam laktat, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter guna memastikan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan fisik. Dengan demikian, manfaat olahraga pun dapat diperoleh secara maksimal. (Datin Itjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia