TRANSLATE

Focus Group Discussion oleh Irjen Kemhan di BPK RI

Kamis, 20 Juli 2023

Kamis, 20 Juli 2023

Jakarta – Irjen Kemhan Letjen TNI Budi Prijono menghadiri undangan dalam acara Focus Group Discussion Interoperabilitas Alpalhankam TNI di Lt II Gedung Auditorium BPK RI.

Irjen Kemhan dalam sambutannya menyampaikan bahwa inti dari Interoperabilitas dalam Alpalhankam TNI adalah Sistem alat peralatan pertahanan yang dapat dioperasionalkan oleh satuan tempur dengan karakteristik yang berbeda mampu berbagi pakai data secara terintegrasi,  efektif dan efisien.

Prinsip interoperabilitas dalam Alpalhankam dapat diselenggarakan dengan aman dan andal, dapat digunakan kembali (reusable), dapat dibaca (readable) dapat dikembangkan lebih lanjut secara mandiri, dapat diperiksa (auditable), dapat diukur kinerjanya, dapat diawasi dan dinilai tingkat pemanfaatannya serta dapat dibagi antar sistem yang berbeda karakteristiknya.

Di tengah perkembangan teknologi yang cepat dan dinamis, isu terkait Interoperabilitas suatu peralatan menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan, termasuk pada Alpalhankam TNI. Ketika suatu alutsista akan diadakan adalah hal yang wajar ketika kita mengharapkan bahwa alat tersebut mampu diintegrasikan, sinergi, kompatibel dengan peralatan yang sudah ada sebelumnya atau pun yang akan diadakan selanjutnya.

Melalui FGD ini dapat memahami lebih dalam tentang Interoperabilitas Alpalhankam TNI, upaya yang telah dilakukan dan tantangan atau kendala apa yang dihadapi baik pada tataran kebijakan ataupun operasionalnya” tegasnya “ (Bagdatin Itjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia