TRANSLATE

RUMAH HIJAU DWP KEMHAN DEMI PROGRAM PEKARANGAN PANGAN LESTARI

Senin, 7 Maret 2022

Senin, 7 Maret 2022

Jakarta – Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertahanan dipimpin Ketua DWP Kemhan Ny Yayuk Donny Ermawan Taufanto dan Penasehat DWP Kemhan Ny Metty M. Herindra melaksanakan silaturahmi dan pertemuan tiga bulanan dengan pengurus dan anggota secara daring dan luring, Senin (7/3), di aula Gedung Piere Tendean, Kemhan, Jakarta. Dalam pertemuan tiga bulanan kali ini yang bertemakan “Rumah Hijau DWP Kemhan” dengan menyertakan tagar #KetahananPangan_Juara ini menghadirkan pembicara Kepala BPTP Provinsi DKI Jakarta Dr. Nurhayati, S.P., M.Si., dalam talk show yang digelas secara daring dan luring pula.

Dalam sambutannya Ketua DWP Kemhan Ny Yayuk Donny Ermawan Taufanto terkait tema yang diambil dalam pertemuan tiga bulanan ini menjelaskan bahwa penanaman urban farming atau pekarangan pangan lestari di masing-masing Unsur Pelaksana DWP Kemhan merupakan program kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dicanangkan oleh Penasehat DWP Kemhan pada tanggal 1 Maret 2022. Dalam melaksanakan program ini, 15 UP DWP Kemhan mendapatkan bibit tanaman dan pupuk, yang terdiri dari bibit bawang merah, bibit cabai rawit, pupuk NPK, pupuk kandang, dan polybag.

Penanaman bibit akan dilaksanakan secara serentak pada Rabu, 9 Maret 2022 dan dilombakan sehingga kemajuan dari program kegiatan ini dapat terukur. Sebelumnya telah dilaksanakan bimbingan teknis penanaman bawang merah dan cabai yang dilaksanakan di BPPT yang diikuti oleh perwakilan masing-masing UP sehingga diharapkan setiap UP telah mendapatkan bekal dalam program P2L ini.

Sementara itu Penasehat DWP Kemhan Ny Metty M. Herindra dalam sambutannya menekankan bahwa tema yang dipilih dalam pertemuan tiga bulanan ini sangat tepat dengan telah dilaksanakannya penamanan bersama Pekarangan Pangan Lestari dan pencanangan rumah hijau DWP Kemhan bekerja sama dengan BPPT Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 1 Maret 2022 lalu yang berlokasi di Perumahan Kemhan Pondok Rajeg Asri, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini selaras dengan program pemerintah tentang ketahanan pangan dengan pemanfaatan pekarangan maupun lahan terbatas yang diharapkan hasilnya dapat memenuhi kebutuhan keluarga sendiri.

“Diharapkan setiap rumah anggota DWP Kemhan minimal memiliki dua tanaman pangan di rumahnya sehingga dapat paling tidak menyumbangkan ketahanan pangan keluarga dari tanaman tersebut,” jelas Ny Metty M. Herindra.

Sebelum dilaksakannya pertemuan tiga bulanan ini telah diselenggarakan beberapa lomba yang diikuti oleh 15 Unit Pelaksana DWP Kemhan diantaranya; lomba tari pergaulan NTT dimana juara pertama diraih oleh DWP UP Setjen Kemhan, pertandingan tenis lapangan beregu putri yang juara pertama diraih oleh DWP UP Ditjen Renhan Kemhan, dan lomba melukis payung yang juara pertama diraih oleh DWP UP Badiklat Kemhan.

Pertemuan dan silaturahmi tiga bulanan ini dilaksanakan bertujuan untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturhami di antara anggota serta keluarga besar DWP Kemhan, meskipun dilaksanakan secara daring dan luring serta protokol kesehatan karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Penyelenggara pertemuan tiga bulanan ini adalah DWP UP Itjen, DWP UP Ditjen Strahan, DWP UP Ditjen Pothan, DWP UP Bainstrahan, dan DWP UP Puslapbinkuhan. (Bagdatin Itjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia