TRANSLATE

Menhan: Teroris-Narkoba-Bencana Ancaman Nyata Bangsa

Rabu, 6 Maret 2019

JakartaMenteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu berbicara soal ancaman bangsa Indonesia. Ryamizard menuturkan ada 3 hal yang menjadi tolok ukur ancaman terhadap bangsa. Apa saja?

“Ancaman itu menjadi nyata kalau kedaulatan negara terganggu, tujuan negara terganggu, keselamatan bangsa terganggu,” kata Ryamizard saat menjadi pembicara dalam rapat pleno khusus Lembaga Pengkajian MPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dari ketiga tolok ukur itu, menurut Ryamizard, teroris adalah salah satu ancaman paling nyata. “Ancaman nyata itu teroris,” ujarnya.

Selain teroris, dia menyebut narkoba dan bencana alam juga merupakan bentuk ancaman terhadap bangsa. Ryamizard mengatakan seharusnya alutsista dan kekuatan bangsa dikerahkan untuk melawan ancaman nyata tersebut.

“Bencana alam, pemberontakan, narkoba, kemudian cyber intelligent. Ini nyata-nyata sekali,” tuturnya.

“Bencana berulang, teroris terus menerus, narkoba apalagi. Maka seharusnya alutsista dan kekuatan dikerahkan kepada yang nyata. Yang belum nyata ya, kita waspada saja,” imbuh Ryamizard.

Dalam rapat pleno khusus ini, hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Gubernur Lemhanas Agus Widjojo. Selain itu, juga ada Wakil Ketua MPR Mahyudin dan Ketua Lembaga Pengkajian MPR Rully Chairul.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia