TRANSLATE

BPK Berkomitmen Penerapan Standar Audit Internasional di 2018

Senin, 4 Desember 2017

JAKARTA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menghadiri sidang Panel Eksternal Auditor ke 58 Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam panel tersebut pemeriksaan di komunitas Badan PBB menjadi sorotan dan pembelajaran.

Mengutip keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (3/12/2017), Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara menyampaikan BPK sebagai External Auditor International Energy and Atomic Agency (IAEA) berkomitmen untuk penerapan International Standard Audit (ISA) 701 di 2018. Selain itu, lanjutnya, BPK mendukung semua rekomendasi yang disampaikan panel kepada Sekretariat Jenderal PBB untuk tata kelola badan-badan PBB.

Sidang Tahunan ini mendiskusikan beberapa isu pemeriksaan pada komunitas badan-badan di PBB untuk dijadikan proses pembelajaran dan dasar bagi rekomendasi Panel External Auditor kepada Sekretariat Jenderal PBB.

Panel External Auditor adalah forum para External Auditor pada 44 badan-badan PBB yang terdiri dari para Ketua Badan Pemeriksa dari 13 Negara yaitu Inggris, India, Indonesia, Tanzania, Ghana, Philipina, Swiss, Jerman, Italia, Kanada, Jerman, Perancis, dan Spanyol. Sidang Panel tahun ini menghasilkan kesepakatan yang dijadikan rekomendasi kepada PBB.

Adapun yang direkomendasikan antara lain reformasi pengelolaan keuangan, penguatan mekanisme tindak lanjut rekomendasi, penguatan cost control untuk setiap proyek PBB, formula Employees Benefit Liabilities dan komunikasi Komite Audit. Selain itu juga kesepakatan untuk penerapan Revisi International Standard Audit (ISA) 701 tentang format Laporan Audit Keuangan pada masing-masing badan PBB.

Seperti diketahui, Ketua BPK didampingi delegasi BPK yang sudah mengikuti pertemuan Kelompok Teknis selama tiga dari tanggal 27-29 November 2017. Delegasi terdiri dari Auditor Utama Keuangan Negara II, Bahtiar Arif, Kepala Biro Humas dan KSI, Yudi Ramdan, dan Kasubbag Multilateral, Ade Gumilar.

Sumber: https://economy.okezone.com

.

BPK Komit Terapkan ISA 701 di 2018

.

bpk

.

Jakarta, Gatracom – Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Moermahadi Soerja Djanegara menghadiri pertemuan International Standard Audit (ISA) 701, di Roma, Italia, Kamis (30/11)-Jumat (1/12).  Pertemuan itu membahas standar audit internasional yang berhubungan dengan tanggungjawab dari auditor untuk mengeluarkan laporan yang sesuai dalam lingkaran.

Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan, BPK menyambut baik inisiatif ini dan mendorong upaya bersama pengembangan pendekatan audit yang tepat sesuai dengan mandat pada masing-masing Badan Pemeriksa.

“Ini sejalan dengan kiprah BPK sebagai Ketua Working on Environmental Audit yang telah membantu menyusun Pedoman Audit atas Kesiapan SDGs bagi komunitas BPK sedunia,” katanya, dalam rilis, Ahad (3/12).

Dalam pertemuan itu, ISA menetapkan tiga jenis pendapat yang telah dimodifikasi, seperti pendapat yang berkualitas, merugikan atau berlawanan, dan penolakan opini.
 
Untuk penerapan ISA 701, BPK sebagai External Auditor International Energy and Atomic Agency (IAEA) menyampaikan komitmennya pada 2018. Selain itu mendukung semua rekomendasi yang disampaikan Panel kepada Sekretariat Jenderal PBB untuk tata kelola badan-badan PBB.

Ketua BPK juga mengusulkan agar Panel dapat mempertimbangkan pengembangan pendekatan audit bersama bagi para External Auditor PBB, untuk dapat memeriksa implementasi program-progam Sustainable Development Goals (SDGs) pada masing-masing badan PBB yang diperiksanya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia