TRANSLATE

Menhan Usulkan Bela Negara Dimulai Sejak SD, Begini Konsepnya

Selasa, 1 Agustus 2017

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG – Menteri Pertahanan(Menhan) Ryamizard Ryacudu meminta pendidikan bela negara mulai diterapkan kepada anak-anak di tingkat Sekolah Dasar (SD).

“Saat ini sudah mulai berjalan pendidikan bela negara untuk anak di sekolah dasar,” katanya saat berkunjung ke Kabupaten Bogor belum lama ini.

Pendidikan bela negara sendiri tak melulu dihadapkan dengan latihan fisik, namun para siswa di SD ini lebih dikenalkan dengan keragaman budaya, suku hingga kekayaan alam yang ada di tanah air Indonesia.

“Setiap pagi menaikan bendera tentunya dengan tata cara yang benar hingga menyanyikan lagu ke bangsaan itu juga bagian dari bela negara,” terangnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan tidak lain agar anak-anak bisa lebih kenal dan cinta terhadap tanah air Indonesia.

Terlebih, katanya, berdasarkan pengalaman pribadi yang dialami setahun lalu saat berkunjung ke suatu daerah ada warga yang menanyakan letak Candi Borobudur yang merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

“Jangan sampai hal itu terjadi lagi, ada yang bertanya ke saya dimana letak Candi borobudur. Ini kan engga benar. Letak Candi Borobudur saja engga tau bagaimana mau mencintai negara ini,” tandasnya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia