TRANSLATE

Tiga menteri lihat roket pesanan Kemenhan

Jumat, 6 Januari 2017

Malang (ANTARA News) – Tiga menteri kabinet kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo pada Kamis meninjau dan melihat dari dekat pembuatan roket pesanan Kementerian Pertahanan yang dikerjakan PT Dahana bekerja sama dengan PT Sari Bahari yang berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ketiga menteri tersebut adalah Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono.

Roket yang dibuat PT Dahana itu diberi nama “RHAN 122” dan dipajang di kantor PT Sari Bahari.

“Kementerian Pertahanan (Kemenhan) telah memesan sebanyak 120 unit,” kata Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dahana, Heri Heriswan, kepada ketiga menteri yang mengunjungi perusahaan yang memproduksi roket di Kecamatan Pakis tersebut.

Ketiga menteri yang didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo itu, begitui turun dari pesawat di Lanud Abd Saleh, langsung diarahkan ke PT Sari Bahari, perusahaan yang bergerak dalam pembuatan alutsista itu. Ketiga menteri melihat dengan seksama sejumlah selongsong bom yang diproduksi di tempat itu.

Sejumlah selongsong bom tersebut, antara lain dipakai untuk pesawat tempur Sukhoi. Selain melihat selongsong bom dan roket pesanan Kemenhan, ketiga menteri tersebut juga melihat dinamit yang diproduksi rekanan PT Sari Bahari, yakni PT Dahana.

Dinamit yang diproduksi tersebut dipakai oleh sejumlah perusahaan komersial, terutama yang bergerak di sektor pertambangan.

Menko Perekonomian Darmin Nasution memuji perusahaan tersebut “Ini bagus dan potensial, karena selama ini kita kan masih impor. Sekarang sudah ada yang memproduksi di dalam negeri, sehingga harus dikembangkan,” ujar Darmin.

Sementara itu, ketiga menteri tersebut melakukan kunjungan kerja di wilayah Malang raya selama dua hari (Kamis-Jumat, 5-6/1). Kunjungan pertama di PT Sari Bahari di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, selanjutnya ke Universitas Brawijaya (UB) Malang dan dilanjutkan ke Kota Batu.

Tiga Menteri Jokowi Melihat Roket Pesanan di PT Sari Bahari Kabupaten Malang

SURYAMALANG.COM, PAKIS – Tiga menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo melihat roket pesanan Kementerian Pertahanan RI. Roket yang diberi nama RHAN 122 itu dipajang di kantor PT Sari Bahari, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (5/1/2017).

Roket tersebut dibuat oleh PT Dahana, mitra kerja PT Sari Bahari. Kedua perusahaan ini memproduksi peralatan pertahanan dan keamanan. TNI merupakan salah satu pembeli mereka.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dahana, Heri Heriswan mengatakan Kemenhan telah memesan roket tersebut.

“Sebanyak 120 unit pesanan dari Kementerian Pertahanan,” ujar Heri dalam paparannya kepada tiga menteri Jokowi.

Ketiga menteri yang melihat roket itu adalah Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan  Basoeki Hadimoeljono.

Ketiga menteri terlihat mengangguk-angguk mendengar penjelasan itu.

Setelah mendengar penjelasan, Menteri Rudiantara menyeletuk: “Sudah jangan detil-detil,” yang kemudian disambut tawa pengunjung.

Ketiga menteri itu selama dua hari melakukan kunjungan kerja ke Malang Raya.

Turun dari pesawat di Bandara Abdulrachman Saleh Kabupaten Malang, rombongan menteri mengunjungi Sari Bahari yang masih berada di komplek bandara.

Kunker dilanjutkan ke Universitas Brawijaya (UB) Malang, kemudian ke Kota Batu.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia