TRANSLATE

Kemendagri Dukung Program Bela Negara Kemenhan

Senin, 19 Oktober 2015

Kemendagri Dukung Program Bela Negara Kemenhan

Jakarta, CNN Indonesia — Program bela negara yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanahan dengan tujuan menanamkan rasa nasionalisme bagi warga negara Indonesia mendapat sejumlah tentangan dari pihak yang menganggap program tersebut irasional.

Meski begitu Kementerian Dalam Negeri memperlihatkan dukungannya agar program tersebut bisa berjalan sesuai dengan keinginan Kemenhan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam keterangannya mengatakan, bahwa pernah ada pertemuan antara dirinya dan Kemenhan untuk membicarakan program bela negara tersebut.

Bahkan pertemuan tersebut juga diikuti oleh asosiasi kepala daerah seluruh Indonesia.

“Pada prinsipnya Kemenhan akan melatih jajaran pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda untuk diberikan pemahaman terkait wawasan kebangsaan ataupun nilai-nilai Pancasila,” ujar Tjahjo dalam keterangan yang diterima CNN Indonesia, Jumat (16/10).

Menurut Tjahjo, Kemendagri melalui Kepala Sosial Politik Provinsi dan Kabupaten/Kota akan menyelenggarakan pendidikan pemahamam wawasan kebangsaan yang intinya memiliki kesamaan dengan program bela negara yang dicanangkan Kemenhan.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu melihat pemahaman wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila penting bagi seluruh masyarakat Indonesia agar bisa lebih memahami dan berpikir komprehensif.

“Pemahaman ini sebagai bagian dari bela negara, intinya adalah Kemendagri mendukung program Kemenhan,” ujar mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan tersebut.

Kementerian Pertahanan akan menyelenggarakan pembentukan kader pembina bela negara 19 Oktober mendatang, di 45 kabupaten dan kota secara serentak. Melalui pelatihan tersebut, Kemhan mencanangkan 4.500 warga sipil siap menjadi pembina.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan, angka tersebut harus tercapai tahun ini. Di tahun-tahun berikutnya, para pembina tersebutlah yang akan melatih warga sipil lainnya.

.
Kemdagri Dukung Program Bela Negara Yang Digagas Kemhan

JAKARTA – Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Pol dan PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soedarmo menilai usulan program bela negara yang digagas Kementerian Pertahanan, sangat baik. Terutama dalam rangka membekali berbagai komponen masyarakat untuk memiliki jiwa patriotisme, nasionalisme dan cinta Tanah Air.

“Termasuk penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila, menumbuhkan rasa senasib sepenanggungan dan rasa memiliki bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia,” ujar Soedarmo, Kamis (15/10).

Menurut Soedarmo, apabila seluruh nilai-nilai kebangsaan telah dimiliki oleh seluruh komponen bangsa, maka NKRI akan kuat terhadap berbagai potensi gangguan yang datang baik dari dalam maupun dari luar negeri.

“Tidak akan ada penghianat terhadap bangsa ini. Jadi jangan nasionalisme ini muncul hanya kalau nonton sepak bola saja,” ujar Soedarmo.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tengah merealisasikan gerakan nasional Bela Negara. Hal tersebut dibuktikan melalui program pendidikan bagi pelatih gerakan ini di 45 Kabupaten di Indonesia, yang akan dimulai 19 Oktober mendatang.

.
Tjahjo Dukung Program Bela Negara Yang Digagas Kemenhan

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Kementerian Pertahanan telah menyatakan bersedia melatih jajaran pemerintah daerah (Pemda) seluruh Indonesia, untuk diberikan pemahaman terkait wawasan kebangsaan nilai-nilai Pancasila.

“Kemendagri dan Kemenhan pernah mengadakan pertemuan dan dihadiri asosiasi kepala daerah se-Indonesia yang pada prinsipnya Kemenhan akan melatih jajaran pemda,” ujar Tjahjo, Jumat (16/10).

Menurut Tjahjo, pelatihan sangat diperlukan, sehingga jajaran pemerintahan daerah memiliki pemahaman yang sama dan dapat mengajak masyarakat bagaimana membangun kebangsaan yang hakiki sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Kemendagri melalui Kepala Sospol Provinsi dan kabupaten/kota juga akan menyelenggarakan pendidikan pemahaman wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila. Pemahaman ini penting bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih memahami dan berpikir komprehensif tentang makna kebangsaan,” ujar Tjahjo.

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengatakan, pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila, bagian dari pemahaman bela negara.

“Jadi intinya Kemendagri mendukung program Kementerian Pertahanan (melaksanakan program bela negara, red),” ujar Tjahjo.

Sebelumnya, Kementerian Ketahanan diketahui tengah merealisasikan gerakan nasional Bela Negara. Hal tersebut dibuktikan melalui program pendidikan bagi pelatih gerakan ini di 45 Kabupaten di Indonesia, yang akan dimulai 19 Oktober mendatang.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia