TRANSLATE

Usai Mengunjungi Rusia, DPR Beri Kado Alutsista untuk TNI

Selasa, 1 September 2015

Usai Mengunjungi Rusia, DPR Beri Kado Alutsista untuk TNI

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi I DPR baru saja selesai sowan ke Rusia untuk kunjungan kerja pada Agustus lalu. Komisi I DPR pulang dengan membawa kabar gembira untuk TNI dengan janji bantuan lunak alat utama sistem persenjataan (alutsista) senilai USD3 miliar.

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, Rusia berniat memberikan pinjaman lunak (soft loan) untuk Indonesia. Pinjaman lunak tersebut berbentuk alutsista pilihan.

“Untuk TNI dikatakan, Rusia siap memberikan soft loan yang sangat murah untuk membeli alutsista. Rusia bersedia memberikan soft loan kepada Indonesia sebesar USD3 miliar,” kata TB Hasanuddin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (31/8/2015).

Investor Rusia akan datang ke Indonesia untuk menindaklanjuti tawaran ini. Tawaran dari Rusia itu juga akan disampaikan kepada TNI dan sudah dikoordinasikan dengan Menteri Bappenas/Kepala PPN Sofyan Djalil.

“Mereka akan pelajari seperti apa soft loan. Soft loan itu lebih murah dibanding kredit eskpor (KE),” ungkap dia.

Kunjungan Komisi I DPR ke Rusia sendiri bertujuan untuk bertemu masyarakat Indonesia di Rusia. Rusia juga negara yang berhubungan baik dengan Indonesia sejak zaman Presiden Soekarno.

“Mereka merespon kunjungan ini untuk melakukan hubungan timbal balik antara Indonesia dan Rusia, agar lebih baik ke depan,” kata politikus PDIP ini.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia