TRANSLATE

Kemenhan Fokuskan Kemaritiman

Senin, 24 Agustus 2015

Kemenhan Fokuskan Kemaritiman

BANDARLAMPUNG – Kementerian Pertahanan mengadakan lomba parade cinta tanah air di Provinsi Lampung dengan tema Semangat Bela Negara Generasi Muda Menumbuhkan Budaya Maritim Indonesia di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) di Jalan Cut Mutia Nomor 23, Bandarlampung, Jumat (21/8).

Kepala Koordinator Daerah Lampung, Kolonel Robert Owen mengatakan, kegiatan tersebut sengaja difokuskan pada masalah kemaritiman. Hal ini dilakukan karena sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo yang gencar meningkatkan potensi kemaritiman di Indonesia.

“Apalagi di Lampung ini daerah maritimnya cukup luas dan strategis,” ujar Kolonel Robert Owen saat ditemui translampung.com di lokasi acara.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 tim perwakilan dari setiap sekolah tingkat SMA/SMK se-kabupaten/kota yang ada di Lampung dengan total 90 orang. Diantaranya dari Lampung Barat, Lampung Tengah, Bandarlampung, Lampung Selatan, Pesisir Barat, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Timur, Metro, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Utara, Waykanan, dan Mesuji.

“Penilaian yang diberikan meliputi beberapa aspek, diantaranya mental, kedisiplinan, wawasan, dan membangun komunikasi yang baik,” terangnya.

Sementara itu untuk dewan juri yang melakukan penilaian berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, unsur TNI, dan PGRI. Untuk anggaran acara yang dipelopori Kemenhan ini mendapatkan support dari APBD SKPD terkait.        

Teguh Irianto, Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, mengatakan, perlombaan ini bukan semata-mata untuk mencari pemenang lomba. “Tapi untuk menambahkan jiwa nasionalisme dan kemaritiman, khususnya bagi generasi muda,” terangnya.

Acara tersebut berlangsung selama dua hari. Pemenang lomba akan dibawa ke tingkat nasional. “Tahun lalu SMA 2 yang berhasil mewakili Lampung di tingkat nasional. Tahun ini kita harapkan ada perwakilan yang mampu memberikan nama harum bagi Provinsi Lampung,” terangnya.

Sumber : http://www.translampung.com




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia