TRANSLATE

Lucunya Marinir TNI AL tantang Marinir AS lomba panjat pinang

Selasa, 11 Agustus 2015

Lucunya Marinir TNI AL tantang Marinir AS lomba panjat pinang

Merdeka.com – Kerja sama, tawa dan canda. Itu lah gambaran yang terlihat saat Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat, atau United States Marine Corps (USMC) saat mengikuti lomba panjat pinang. Tanpa peduli oli yang lengket di tubuh para prajurit beda bangsa itu, mereka saling bahu membahu menjadi yang pertama.

Itulah gambaran di sela-sela latihan bersandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2015. Perlombaan berupa fun games dimainkan kedua angkatan tempur tersebut untuk mengisi jeda waktu.

Selain panjat pinang, prajurit AS juga merasakan keseruan balam karung dan balap bakiak. Tentunya, lomba-lomba ini tak hanya memerlukan kecepatan, tapi juga kecermatan dan kerja sama antar tim untuk mencapai finis.

Sebelum menjalani lomba, prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika yang biasa disebut USMC menyerbu pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, untuk melumpuhkan musuh yang menduduki pantai Banongan, Sabtu (08/08).

Latihan yang disaksikan Komandan Satgas Carat 2015 Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah, Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir I Made Sukada, Paban Sops Kormar Letkol Marinir Qomarudin, Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan, Komandan Puslatpur Baluran Letkol Mar Darwin Tambunan, Komandan Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya Letkol Inf Heru Cahyono dan para pejabat TNIPolri di wilayah Situbondo itu, diawali dengan bantuan tembakan kapal ke arah pantai yang dilakukan USS Germantown.

Setelah terdengar bantuan tembakan kapal, diikuti dengan keluarnya 4 kendaraan tempur LVT-7A milik Korps Marinir TNI AL dari perut KRI Makassar-590 dan 14 Assoult Ampbhibious Vehicle (AAV) milik USMC dari USS Germantown LSD-42 yang berada di perairan teluk Jangkar. Setelah berada di laut, kemudian kendaraan tempur tersebut membentuk formasi untuk melakukan pendaratan pasukan ke pantai Banongan yang telah diduduki musuh.

Setelah mendarat sesuai gelombang pendaratan, ratusan prajurit Marinir kedua negara menyerang sasaran dengan cara penyerbuan mekanis. Prajurit Korps Marinir TNI AL di bawah pimpinan Komandan Kompi Kapten Marinir Haris dan Marinir Amerika (USMC) di bawah pimpinan Komandan Kompi Captain USMC Bender. Kerja sama Marinir kedua negara tersebut berhasil merebut dan menguasai sasaran yang sebelumnya dikuasai musuh.

.
Gelak Tawa Marinir TNI dan Marinir AS di Sela Latihan Perang

SITUBONDO – Melepas ketegangan selama latihan bersama, korps Marinir TNI-AL dan United States Marine Corps (USMC) Marinir AS mengikuti lomba Agustusan. Maka, terciptalah suasana penuh tawa.

Setelah berlatih perang, dua korps beda negara tersebut menggelar lomba Agustusan kemarin sore (9/8). Tempatnya tidak jauh dari Pantai Banongan, Kecamatan Asembagus, tempat pendaratan KRI Makasar-590 yang mengangkut pasukan pendarat Intai Amfibi Marinir.

Lomba Agustusan itu benar-benar mengocok perut pasukan marinir kedua negara. Ada lomba balap karung, balap bakiak, dan panjat pinang. Tidak sedikit peserta yang jatuh bangun sebelum mencapai garis finis.

Lomba panjat pinang paling menyita perhatian. Mengenakan celana pendek dan seragam doreng, mereka beradu ketangkasan memanjat pohon pinang yang sudah dilumuri pelicin. Tim panjat pinang cukup kompak. Mereka bahu-membahu untuk menaklukkan puncak pinang.

Lagi-lagi, suasana gerrr mewarnai lomba. Belum sampai puncak, mereka melorot dulu. Berkat perjuangan keras, mereka berhasil menaklukkan puncak pinang yang berisi hadiah shoft drink.

’’Peringatan Agustusan ini untuk membangkitkan semangat kemerdekaan ke-70 RI. Mereka begitu kompak mengikuti lomba, termasuk tim USMC,’’ ujar Sertu (Mar) Kuwadi, Dispen Kormar, saat dihubungi Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin sore.

Dia menjelaskan, lomba Agustusan itu dilakukan untuk lebih meningkatkan persahabatan antara marinir dan USMC. ’’Dari berbagai lomba yang kita gelar, disambut antusias oleh pasukan US Marine maupun pasukan marinir,’’ kata Kuwadi.

Sementara itu, kapal perang TNI Angkatan Laut jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), yaitu KRI Makasar-590, di bawah jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmatim yang dikomandani Letkol Laut (P) Elmondo Samoel Sianipar siap mendaratkan pasukan pendarat Intai Amfibi Marinir ke Pantai Banongan, Situbondo, Sabtu (8/8). Pendaratan pasukan itu merupakan salah satu rangkaian latihan bersama (latma) CARAT (Cooperation Afloat Readiness and Training) 2015.

Sumber : http://www.jpnn.com




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia