TRANSLATE

Amankan KAA, AD Siapkan 3.150 Personil

Selasa, 14 April 2015

Amankan KAA, AD Siapkan 3.150 Personil

BANDUNG, suaramerdeka.com – TNI AD mengerahkan 3.150 personil dalam rangka pengamanan puncak peringatan 60 Tahun Konfrensi Asia Afrika (KAA) di Gedung Merdeka Bandung pada 24 April mendatang.

Petugas itu di antaranya merupakan Tim Escape guna mengamankan delegasi peserta dari kemungkinan gangguan. Meski demikian, data intelejen menyebutkan situasi menjelang peringatan masih kondusif. Demikian KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo usai melaksanakan pengecekan Pengamanan KAA di Lapangan Gasibu Bandung, Senin (13/4) kemarin.

“Kita siapkan tim escape sebagai antisipasi adanya kejadian. Karena ancaman apapun kita perhitungkan sekaligus antisipasinya, tapi sejauh ini belum ada ancaman yang perlu di antisipasi,” katanya.

Ribuan personil yang terdiri dari satuan Kodam III/Siliwangi dan Kostrad itu akan ditempatkan di rute-rute delegasi, Gedung Merdeka, hingga tempat shalat Jumat di Mesjid Raya Bandung. Mereka dalam kondisi Siaga 1.

Perwira tinggi bintang 4 itu juga menjamin bahwa personil yang bertugas itu merupakan prajurit berkualifikasi pilihan. “Tak boleh prajurit bermasalah bertugas karena akan mengamankan kepala negara dan pemerintahan tamu RI, apapun yang terjadi mereka harus aman,” jelasnya.

Terpisah, Walikota Bandung Ridwan Kamil menjelaskan bahwa pihaknya terus mempercantik kota. Langkah yang segera dilakukan adalah menambah bunga di Bandara Husein Sastranegara.

“Ini untuk menguatkan citra Bandung sebagai kota kembang,” jelasnya. Di luar itu, pihaknya masih menunggu dana dari pusat sebesar Rp 10 miliar. Pengerjaan sendiri tetap dilakukan kendati harus sistem reimburst.

.
Ribuan Personel TNI Akan Disebar di Kota Bandung

BANDUNG – Sebanyak 3.150 personel TNI Angkatan Darat dari Kodam III/Siliwangi telah disiapkan untuk mengamankan Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung pada Jumat 24 April mendatang.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Gatot Nurmantyo mengatakan telah menyiapkan pengamanan di darat untuk para delegasi dan kepala negara yang akan menghadiri KAA di Kota Bandung.

“Anggota sudah disiapkan di semua rute, objek vital, akomodasi hinggal lokasi acara. Total keseluruhan untuk di Kota Bandung ada 3.150 personel,” tutur Gatot di Lapangan Gasibu, Senin 13 April 2015.

Selain mengamankan acara, TNI AD telah menyiapkan pengamanan khusus yang melekat saat para delegasi melakukan acara bebas seperti mengunjungi tempat perbelanjaan atau wisata di Kota Bandung.

“Pengamanan melekat itu sudah pasti. Untuk ring satu itu wilayah Paspampres, sedangkan para prajurit Kodam ada di ring dua dan tiga,” tuturnya.

Gatot berharap warga Kota Bandung ikut terlibat menjaga kondusivitas kota. “Kepada masyarakat khususnya Kota Bandung, ini sebuah kehormatan dikunjungi oleh kepala negara. Saya yakin masyarakat Bandung itu ramah dan selalu menebar senyum sehingga membuat kota wisata ini selalu indah,” tuturnya.

Sumber : http://nasional.sindonews.com/read




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia