TRANSLATE

Ikuti Forum Pangab, Panglima TNI Terima Bintang Kehormatan dari Malaysia

Rabu, 11 Februari 2015

Ikuti Forum Pangab, Panglima TNI Terima Bintang Kehormatan dari Malaysia

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengikuti acara Sidang ke-12 ACDFIM (Asean Chief of Defence Force Informal Meeting) yang digelar di Malaysia. Sebelum acara tahunan tersebut digelar, Malaysia pun memberikan Bintang Kehormatan kepada Moeldoko.

Berdasarkan informasi dari Puspen TNI, acara Sidan ACDFIM digelar di Sabah Grand Ball Room, Selasa (10/2/2015), dengan tema ‘Asean Menjaga Keamanan dan Stabilitas Nasional’. Acara dibuka oleh Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Malaysia atau Chief of Defence Forces Malaysia Armed Forces, General Tan Sri Dato Sri Zulkifeli bin Mohd Zin.

Dalam sidang itu, Moeldoko merekomendasikan perlunya dibentuk forum ACDFIM-plus. Yakni forum diskusi bersama antara para Pangab ASEAN dengan mitra para Pangab non-ASEAN. Pertimbangannya, karena ACDFIM telah terbentuk selama 14 tahun dan telah teruji dan matang dalam menyikapi permasalahan bersama selama ini. Keberhasilan itu dinilai Moeldoko perlu dikomunikasikan dengan Pangab non-ASEAN.

“Kerja sama militer secara multilateral antara militer dari ASEAN dan militer dari kawasan luar ASEAN (non-ASEAN) melalui pertukaran pandangan dan informasi isu-isu keamanan di kawasan regional dan global menjadi penting guna menyikapi tantangan untuk kepentingan bersama masyarakat ASEAN,” ujar Moeldoko dalam sidang ACDFIM seperti yang tertulis dalam rilis Puspen TNI.

“Sehingga terbentuk suatu Kawasan ASEAN yang kokoh dan dinamis sebagai suatu Regionalisme yang diakui memiliki daya penggetar serta benteng berupa tatanan kawasan (regional order) yang terintegritas dan solid dalam menghadapi tantangan dan ancaman bersama di Kawasan ASEAN. Tatanan regional di Kawasan Asia-Tenggara akan terwujud manakala terdapat keterkaitan yang kuat antara negara-negara anggota ASEAN dengan penguatan 8 negara non-ASEAN sebagai mitra dialog strategis,” sambungnya.

Hadir dalam sidang ke-12 ACDFIM selain Moeldoko adalah Pehin Datu Pekerma Jaya Major General Dato Paduka Seri Mohd Tawih bin Abdullah (Commander, Royal Brunei Armed Forces), Senior General Min Aung Hlaing (Commander-in-Chief, Myanmar Defence Services), General Pol Saroeun (Commander-in-Chief, Royal Cambodian Armed Forces), Major General Souvone Leuangbounmy (Chief of General Staff, Lao People’s Armed Forces), General Gregorio Pio Catapang Jr (Chief of Staff, Armed Forces of the Philippines). Selain itu juga Lieutenant General Ng Chee Meng (Chief of Defence Force, Singapore Armed Forces), General Worapong Sanganetra (Chief of Defence Forces, Royal Thai Armed Forces) dan Senior Lieutenant General Do Ba Ty (Deputy Minister of National Defence and Chief of General Staff,Vietnam People’s Army).

Sehari sebelum dilaksanakannya sidang, Moeldoko mendapatkan Bintang Kehormatan dari Pemerintah Malaysia melalui Menteri Pertahanannya, Hishamuddin Hussein. Upacara penyematan Bintang Kehormatan Darjah Kepahlawanan Angkatan Tentera (DKAT) dilakukan di kantor Kemenhan Malaysia pada Senin (9/2/2015) kemarin. Di hari yang sama, Moeldoko juga dianugerahkan Bintang Guard of Honor (Upacara Kehormatan Militer) dari Angkatan Bersenjata Malaysia.

Sumber : http://news.detik.com/

.
Panglima TNI Terima Bintang Kehormatan dari Pemerintah Malaysia

[KUALA LUMPUR] Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menerima Bintang Kehormatan DKAT (Darjah Kepahlawanan Angkatan Tentera) dari Pemerintah Malaysia. Penganugerahan Bintang Kehormatan disematkan langsung oleh Menteri Pertahanan Malaysia Hishamuddin Hussein mewakili Pemerintah Malaysia di Kementerian Pertahanan Malaysia, Senin (9/2).

Dalam keterangan pers yang diterima SP, Senin malam menyebutkan Moeldoko berada di Malaysia untuk mengikuti sidang ke-12 ACDFIM (Asean Chief of Defence Force Informal Meeting) tahun 2015. Di sela-sela acara itu, Moeldoko mendapatkan bintang kehormatan. Moeldoko juga menerima Guard of Honor (Upacara Kehormatan Militer) dari Angkatan Bersenjata Malaysia.

Kunjungan Moeldoko ke Malaysia didampingi istri dan didampingi Asops Panglima TNI Mayjen TNI Indra Hidayat serta beberapa pejabat TNI lainnya.

Moeldoko beserta rombongan tiba di Lanud TUDM Subang Malaysia dan disambut Dubes RI di Malaysia Herman Prayitno, Atase Pertahanan RI di Kuala Lumpur Kolonel Arm Yudhy Chandra Jaya, Atase Laut RI di Kuala Lumpur Kolonel Laut (E) Oka Wirayudha, Atase Udara RI di Kuala Lumpur Kolonel Sus Bustan Jufri, Asisten Athan RI di Islamabad Mayor Chb Sandy Maulana Prakasa dan disambut juga oleh Pihak Angkatan Bersenjata Malaysia Letjen Dato Sri Ackbal Bin Haji Abdul Samad dan Letjen Dato Abdul Rajak Bin Moh Yusof.

Sumber : http://sp.beritasatu.com/




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia