Dialog Pemantapan Wawasan Kebangsaan Untuk Memperkokoh Ketahanan Nasional Bidang Pertahanan Keamanan

Kamis, 28 Agustus 2014

163.jpg

Jakarta, Admin : Lemhannas RI mengadakan Dialog kebangsaan dengan mengangkat tema diskusi “ Pemantapan Wawasan Kebangsaan Melalui Peningkatan Industri Pertahanan Guna Memperkokoh Ketahanan Nasional di Bidang Pertahanan Keamanan” di Gedung Dwiwarna Purwa Lemhannas RI dari pukul 09.00 – 12.00 WIB acara tersebut disiarkan secara langsung oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan TV One dengan dihadiri oleh para Ahli, Perwakilan partai, Praktisi, baik dari Lemhannas RI maupun dari luar sedangkan untuk Kementerian Pertahanan diwakili oleh Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertanahan RI (Ka Baranahan Kemhan RI) Laksda TNI Ir. Rachmad Lubis.

Diskusi tersebut membahas mengenai pemahaman Wawasan Kebangsaan dalam pengembangan dan peningkatan Industri Pertahanan menjadi penting disebabkan keikutsertaan warga Negara dalam pertahanan Negara yang merupakan tanggung jawab dan kehormatan warga Negara. Sebagaimana diatur dalam UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara bahwa dalam menyelenggarakan pertahanan Negara, bangsa Indonesia menganut system Pertahanan semesta yang melibatkan warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

Dalam usia yang hamper lima dasawarsa, Lemhannas RI senantiasa menunjukkan eksistensinya seagai lembaga yang setia mempromosikan Pansisla dan UUD NRI tahun 1945, Ketahanan Nasional dan Wawasan Nusantara. Lemhannas RI juga terus meningkatkan kapasistasnya dalam menyelenggarakan pendidikan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional yang berpikir integratif dan profesional, memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, berwawasan nusantara serta memiliki cakrawala pandang yang universal.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia