Forum Diskusi Metodologi Pengadaan di UK

Senin, 8 Desember 2014

173.jpg

Pelaksanaan forum diskusi tentang UK’s Procurement Methodology dilaksanakan di Baranahan Kemhan dipimpin oleh Kepala Bagian Forum Kerjasama (Kabag Fora) Set Baranahan Kemhan, Kolonel Kav Djoko Purwanto berjalan tertib, khidmat dan lancar. Adapun moderator dalam kegiatan tersebut adalah Kolonel Cba Drs. Sulistiyono, MBA dan dihadiri oleh para pejabat pengadaan dilingkungan Kemhan dan TNI. Pemapar disampaikan oleh atase pertahanan Inggris, Kolonel Adrian Campbell Black dan Mr. Tom O’Flaherty selaku First Secretary Defense and Security, British embassy.

Dalam forum diskusi tersebut, disampaikan dan didiskusikan mekanisme pengadaan yang dilaksanakan di United Kingdom, dimana organisasi pengadaan berdiri sendiri diluar kementerian dan pemerintah Inggris menetapkan kebijakan dalam hal Keamanan Nasional, Pengadaan Alat Pertahanann (Alutsista), Proses Pengadaan dan keterlibatan pihak pemerintah didalam penjualan Alutsista oleh perusahaan Inggris ke luar negeri sebagai alat kontrol. Mekanisme pengadaan yang berada diluar struktur organisasi kementerian berada didalam oraganisasi tersendiri yaitu Defence Equipment & Support yang mempunyai tugas dalam mengatur program-program kegiatan yang bersifat komplek yang kemudian dikirimkan kepada angkatan bersenjata Inggris dengan batasan anggaran sekitar 165 Miliar Pounds untuk 10 tahun kedepan.

Walau secara organisasi berbeda dengan metodolgi pengadaan yang dilaksanakan di Indonesia namun secara fungsi dan efektifitas tetap sama. Pentingnya forum diskusi ini sebagai bahan masukan, perbandingan dan pengingkatan system pengadaan yang dilaksanakan di Indonesaia khususnya dilingkungan Kemhan dan TNI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia