Kapal Perang Angkut Tank Pertama Produksi Dalam Negeri Resmi Perkuat Alutsista di Jajaran TNI AL

Jumat, 19 Juni 2015

179.jpg

Lampung,   Kekuatan Alutsista TNI Angkatan Laut kembali bertambah dengan diterimanya Kapal perang baru jenis Landing Ship Tank (LST) produksi pertama industri pertahanan dalam negeri yang diberi  nama KRI Teluk Bintuni-520. Kapal yang dibuat oleh perusahaan galangan kapal swasta nasional di Lampung, PT Daya Radar Utama tersebut melengkapi Alutsista di jajaran Kolinlamil yang sehari-hari akan dibawah kendali Satuan Lintas Laut Militer Surabaya.

Serah terima KRI Teluk Bintuni-520 ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Penyerahan KRI Teluk Bintuni-520 dari Direktur Utama PT Daya Radar Utama Direktur Utama PT Daya Radar Utama Amir Gunawan  kepada Kepala Badan Sarana Pertahanan (Baranahan) Kemhan Laksda TNI Leonardi, Rabu (17/6) di Dermaga PT Daya Radar Utama, Pelabuhan Panjang, Lampung. Serah terima disaksikan secara langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Wakasal Laksdya TNI Widodo, S.E., M.Sc. dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. 

Selanjutnya secara berturut-turut dari Kemhan diserahkan kepada Aslog Panglima TNI Panglima TNI Marsda TNI Nugroho Prang Sumadi, kemudian kepada Aslog Kasal Laksda Harry Pratomo dan terakhir diterima oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Pulung Prambudi. 

Dengan telah diserahterimakannya kapal ini, Menhan dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi disertai rasa bangga atas karya dan prestasi anak  bangsa yang ternyata tidak kalah dari negara yang lebih berpengalaman dalam membangun kapal sejenis ini.

Ucapan terimakasih dan penghargaan juga disampaikan kepada Diruktur PT Daya Radar Utama serta jajarannya atas kerjasama yang baik dalam proses pembangunan KRI Teluk Bintuni-520.  Pengalaman kerjasama yang terjalin selama ini diharapkan akan terus semakin baik dan meningkat di masa yang akan datang.

Sementara itu, Gubernur Lampung juga memberikan apresiasi, dengan selesainya pembangunan kapal perang KRI Teluk Bintuni-520 menurutnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi segenap Masyarakat Lampung bahwa di Lampung ada fasilitas pendukung industri strategis pertahanan nasional.  Dimana, anak-anak Lampung yang merupakan putra – putra terbaik bangsa Indonesia juga turut membangun KRI ini untuk mendukung jajaran kekuatan TNI.

Atas nama Pemprov Lampung, Gubernur Lampung menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemhan yang telah mempercayakan pengerjaan  pembangunan kapal di Lampung untuk mendukung Alutsista TNI. Penghargaan yang setinggi – tingginya juga disampaikan kepada PT Daya Radar Utama yang telah berhasil mengerjakan KRI Teluk Bintuni-520.

Gubernur Lampung berharap, kedepan PT Daya Radar Utama diharapkan terus menjadi mitra pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Lampung dengan terus meningkatkan kualitas kinerjanya dalam rangka memberikan kontribusi untuk pertumbuhan dan perkembangan dunia maritim baik untuk pertahanan maupun kesejahteraan masyarakat. 

Sedangkan Dirut PT Daya Radar Utama dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan pemerintah menyerahkan pembangunan KRI Teluk Bintuni-520 kepada PT Daya Radar Utama. “Pembangunan KRI Teluk Bintuni-520 ditangani seutuhnya oleh putra-putra terbaik bangsa di bawah pengawasan otoritas pemerintah dan otoritas internasional. Jadi, secara kualitas dapat dipertanggungjawabkan. Semoga KRI Teluk Bintuni-520 bisa bermanfaat serta handal dalam menjaga kedaulatan di wilayah Perairan NKRI,” ungkapnya.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia