SEMINAR NASIONAL KEARSIPAN 2023

Selasa, 21 November 2023

Dalam rangka meningkatkan kompetensi Personel, Baranahan Kemhan mengirimkan perwakilan Personel untuk mengikuti Seminar Kearsipan Nasional, pada Senin, 20 November 2023, bertempat di Auditorium Vokasi Universitas Indonesia, Kampus UI Depok.

Seminar ini bertemakan “Peran Digitalisasi Kearsipan Dalam Sustainability dan Green Metric UI”, dengan menghadirkan narasumber Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Dr. Kandar, MAP dan Kepala Kantor Kearsipan UI, Wahid Nurfiantara S.Hun, M.T., MSc.

Dalam seminar ini disampaikan kegiatan pengarsipan memiliki peran yang sangat penting baik pada tertib administrasi, tertib dokumentasi, tertib pertanggung jawaban dan laporan terhadap suatu kegiatan.

pada kesempatan ini juga disampaikan untuk pelaksanaan pengarsipan yang baik tidak hanya dibebankan kepada seorang arsiparis tetapi juga diperlukan kerja sama dari seluruh personel dari bagian unit organisasi yang terkait, perlunya metadata yang jelas untuk menggambarkan, mengidentifikasi, dan mejelaskan sejarah suatu arsip, Database arsip yang rapih dan baik sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pencarian data, kapasitas media penyimpanan yang dapat menampung semua data digital yang dihasilkan serta keamanan data yang kuat sehingga arsip dipastikan hanya digunakan oleh pengguna yang berhak.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia