PUSHANSIBER IKUT SERTA DALAM FGD KEDAULATAN SIBER DAN DATA

Senin, 22 Juli 2019

Jakarta – Kepala Bidang Penjaminan Keamanan Pushansiber Kemhan RI, Kolonel Sus Trisatya Wicaksono, M.IT mewakili Kapushansiber menghadiri undangan Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) tentang Focus Group Discussion (FGD) Kedaulatan Siber dan Data.

Acara tersebut di selenggarakan pada tanggal 22 Juli 2019 bertempat di Ballroom The Akmani Hotel, Jakarta. Selain perwakilan dari Kemhan acara tersebut dihadiri oleh Kemkominfo, TNI, Polri, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengurus Mastel dan Mahasiswa bidang Hukum.

Dalam sambutan Ketua Umum Mastel, Ir Kristiono menyampaikan Kedaulatan siber adalah kehadiran negara dalam mengelola internet, pemerintah harus dapat melakukan kontrol atas internet di wilayah sendiri. Selain itu pemerintah berkepentingan dalam mengamankan siber nasional tertutama keamanan data dan informasi yang sifatnya rahasia.

Beliau juga menambahkan bahwa saat ini telah terjadi total cyber convergence yaitu bersatunya teknologi, pelayanan publik/pribadi, kehidupan publik/pribadi dan keamanan nasional.

Acara dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Dr Edmon Makarim, Dr Ono Purbo dan Handoyo Taher. Selanjutnya sesi diskusi tentang masalah regulasi, kurikulum pendidikan, pengaruh sosial media, perubahan budaya serta keseriusan pemerintah dalam mendorong penggunaan produk inovasi dalam negeri.

Peserta FGD Kedaulatan Siber dan Data sepakat bahwa BSSN sebagai leading sector sangat berperan dalam mewujudkan tata kelola internet dan kedaulatan siber di Indonesia. (Red/LCB)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia