Pembekalan Bela Negara di Atas Kapal KRI MAKASSAR-590

Senin, 30 Mei 2016

 

                                                                     Siswa Siswi Surabaya saat pembekalan Bela Negara di atas kapal perang.

Surabaya-Jatim 01/06/2016. Bertepatan dengan Hari Pancasila, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) kembali menerima kunjungan puluhan siswa siswi dalam rangka Bela Negara, untuk memperingati pidato presiden RI pertama Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Menariknya, acara tersebut diselenggarakan di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Makassar-590 yang sandar di dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, pada Rabu, 1 Juni 2016.

Bertemakan, “Semarak Bela Negara di Darat, Udara dan Laut (Ratulala) dalam rangka memperingati pidato Bung Karno 1 Juni 1945”, dalam kesempatan tersebut, dihadiri Komandan kapal Letkol Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar dan Kepala Pusat Pendidikan Latihan (Kapusdiklat) Bahasa Kemhan RI Laksamana Pertama (Laksma) TNI Benny Rijanto Rs, M.B.A. Serta tamu undangan dari Jakarta yang tergabung dalam Bela Negara, siswa SMPN 27 Surabaya dan SMU Barunawati Surabaya. Acara Bela Negara, memang secara khusus dilaksanakan di atas kapal perang untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni dan diikuti oleh 92 peserta yang terdiri dari 28 siswa SMPN 27 Surabaya, dan 27 siswa dari SMU Barunawati Surabaya dan 37 peserta dari Jakarta.

 

Laksma TNI Benny Rijanto Rs, M.B.A., menyampaikan, bahwa sebagai pemuda generasi penerus bangsa, seharusnya mampu mengikuti filosofi Soekarno atau Bung Karno yang merupakan Bapak Bangsa Indonesia tentang bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya.

“Kalian adalah penerus bangsa. Membela negara bukan hanya mengangkat senjata saja. Itu biarlah kami para tentara atau polisi. Tapi belajar terus tuntutlah ilmu dan berprestasi,” ucap Laksma TNI Benny Rijanto saat pembekalan Bela Negara, Rabu, (2/6/16).

Laksma TNI Benny, mencoba memberikan kuis terkait gambar para pahlawan Indonesia dengan memberikan hadiah berupa sejumlah uang bagi yang bisa menjawab dengan benar, untuk menguji kecintaan para pelajar terhadapa pahlawan Indonesia. Dengan penuh semangat dan antusias, berkali kali pelajar menjawab, namun masih belum ada yang benar, banyak di antara para pelajar menjawab tapi banyak yang salah. Pelajar lebih mudah menjawab para tokoh pahlawan dari luar, seperti Batman, Superman, Spyderman dan pahlawan super lainnya meskipun gambar tersebut hanya berwarna hitam.

Benny merasa cemas dengan mentalitas pelajar sekarang. Padahal Bung Karno selalu bilang, Beri aku 10 pemuda, akan kuguncang dunia. Tapi pemuda sekarang banyak terlibat narkoba, tawuran, dan yang lagi marak kekerasan seksual. Semangat cinta tanah air harus ditanamkan kepada pelajar.

“Ternyata kapal perang Indonesia besar dan luas. Kami dan teman teman merasa bangga diajak kemari (Koarmatim). Semoga saja, dengan pembekalan Bela Negara yang kita peroleh hari ini, mampu meningkatkan kecintaan kepada negara Indonesia,” ucap Chintya mewakili teman teman SMU Barunawati Surabaya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia