Sambutan Mayjen TNI Zainul Arifin di Pembukaan Susjemen Litbang Pertahanan Tk. Muda XXIII

Selasa, 8 Oktober 2024

Jakarta, Selasa (10/09/2024). Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Zainul Arifin, S.A.P.,M.Sc. membuka secara dengan resmi Susjemen Litbang Pertahanan Tk. Muda XXIII T.A. 2024. Dalam amanatnya, dibacakan bahwa era informasi dan teknologi seperti saat ini, kemampuan untuk melakukan penelitian yang mendalam dan pengembangan yang relevan sangatlah penting. Kegiatan penelitian tidak bisa lagi mengandalkan metode konvensional, perlu adanya inovasi, menciptakan metode baru, dan menggali potensi yang ada guna menghasilkan produk-produk penelitian yang berkualitas.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, Badiklat Kemhan melalui Pusdiklat Manajemen Pertahanan menyelenggarakan Susjemen Litbang Tingkat Muda guna menyiapkan personel Kemhan dan TNI yang berkompeten sebagai peneliti tingkat muda di bidang pertahanan agar memiliki kompetensi dalam melakukan proses penelitian sesuai dengan prosedur dan kaidah keilmuan yang berlaku. Salah satu fokus utama dalam penelitian adalah penguasaan metodologi penelitian. Oleh karenanya, dalam diklat ini peserta akan diperkenalkan berbagai teknik dan metode yang dapat digunakan dalam penelitian, baik kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian yang baik tentu saja harus berbasis pada metodologi yang kuat. Dengan memahami metode penelitian yang tepat, akan dihasilkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Data yang baik akan menjadi dasar yang kuat dalam pengambilan keputusan, baik di tingkat operasional maupun strategis.

Peserta yang hadir berjumlah 30 orang terdiri dari Kemhan 3 orang, Mabes TNI 3 orang, TNI AD 21 orang, TNI AL 2 orang, dan TNI AU 1 orang. Pendidikan dilaksanakan selama 3 bulan hari kerja terhitung mulai tanggal 10 September s.d. 3 Desember 2024. Pembukaan dihadiri oleh Para Kapusdiklat Pusdiklat Badiklat Kemhan, Ropeg Setjen Kemhan, Mabes TNI dan Spers Angkatan serta tamu undangan lainnya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia