Penutupan Kursus Singkat Hanneg dengan Tema Kepemimpinan oleh Brigjen TNI Wasono

Selasa, 8 Oktober 2024

Jakarta, Jumat (27/09/2024). Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Zainul Arifin, S.A.P., M.Sc yang diwakili oleh Kapusdiklat Jemen Han Badiklat Kemhan Brigjen TNI Wasono, S.Sos., M.Hum menutup secara resmi KURSUS SINGKAT MANAJEMEN HANNEG UNTUK EKSEKUTIF TEMA ’’KEPEMIMPINAN” TA. 2024. Pembukaan dihadiri oleh Perwakilan dari Dir SDM Polri, Pusdiklat Badiklat Kemhan, Ropeg Setjen Kemhan, Mabes TNI dan Spers Angkatan serta tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, dibacakan kepemimpinan adalah sebuah seni dan sekaligus ilmu. Seni dalam pengertian bahwa kepemimpinan bukan hanya tentang memberi perintah atau instruksi, melainkan juga tentang kemampuan untuk menginspirasi, memotivasi, dan membangun hubungan yang harmonis dengan stakeholder.
Di sisi lain, kepemimpinan juga memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang situasi yang dihadapi dan kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dalam waktu yang tepat. Dalam konteks pertahanan negara, tantangan yang kita hadapi semakin kompleks sehingga dibutuhkan pemimpin yang memiliki wawasan yang luas dan kemampuan untuk menganalisis situasi dengan cepat serta mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi agar senantiasa siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia