UPACARA PEMBUKAAN SUSJEMEN RENGAR PERTAHANAN ANGKATAN LV TA. 2024

Senin, 7 Oktober 2024


Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Zainul Arifin, S.A.P.M. Sc. membuka dengan resmi Susjemen Rengar Pertahanan Angk. LV TA. 2024. Tujuan dilaksanakan diklat Susjemen Rengar Pertahanan angkatan LV T.A 2024 adalah untuk meningkatkan kemampuan SDM Kemhan dan TNI agar memiliki bekal pengetahuan dan wawasan dalam mengemban tugas-tugas sebagai perencana kegiatan dan anggaran, mampu menyiapkan rumusan rencana program dan anggaran, menganalisis perubahan lingkungan strategis dalam kerangka penentuan struktur kebijakan yang lebih tepat dalam perencanaan pembangunan pertahanan negara.

Dalam amanatnya, disampaikan Manajemen pembangunan nasional memiliki empat aspek penting yaitu perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Keempat aspek ini saling mendukung satu sama lainnya. Pada aspek perencanaan, perlu dilakukan dari sisi proses penyusunan perencanaan, kapasitas kelembagaan, serta ketersediaan dan kapasitas data.

Dari aspek penganggaran kemampuan menganalisis kebutuhan, menjamin efisiensi serta efektivitas pengalokasian sumber daya keuangan sangat diperlukan. Sedangkan dari sisi pelaksanaan, perencanaan harus juga memberikan arahan dan langkah-langkah dan pengendalian, untuk menjamin pelaksanaan rencana dapat berjalan sesuai dengan tujuan. Aspek terakhir yang juga memegang peranan penting dari perencanaan adalah monitoring dan evaluasi untuk menjamin bahwa perencanaan yang dilaksanakan dapat diketahui progress dan pencapaiannya Agar proses tersebut dapat berjalan dengan baik maka perlu dilakukan penguatan kompetensi pegawai di bidang perencanaan dan penganggaran sehingga meminimalisir pemborosan, kebocoran, dan penyimpangan anggaran, yang pada akhirnya akan menurunkan akuntabilitas kinerja instansi.

Jumlah Peserta 30 orang terdiri dari Kemhan 11 orang, Mabes TNI 3 orang, TNI AD 12 orang, TNI AL 2 orang, dan TNI AU 2 orang Pendidikan dilaksanakan selama 3 bulan hari kerja terhitung mulai tanggal 1 Agustus s.d. 23 Oktober 2024. Pembukaan dihadiri oleh Para Kapusdiklat Pusdiklat Badiklat Kemhan, Ropeg Setjen Kemhan, Mabes TNI dan Spers Angkatan serta tamu undangan lainnya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia