Upacara Pembukaan Diklat Kader Bela Negara untuk PNS Golongan III/a-III/b Tahun 2024.

Selasa, 23 Juli 2024

Bogor, Juli 2024. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Mayor Jenderal TNI Zainul Arifin S.A.P. M.Sc, dalam hal ini diwakili oleh Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia, S.E. secara resmi membuka Diklat Kader Bela Negara Lingkup Pekerjaan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian/Lembaga Golongan III/a-III/b Tahun Anggaran 2024. Acara pembukaan ini berlangsung di lapangan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bela Negara Badiklat Kemhan.

Dalam amanatnya, Kabadiklat Kemhan menyampaikan pentingnya diklat ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesadaran dan partisipasi seluruh warga negara dalam pertahanan negara, sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 27 ayat (3) dan UU No. 23 Tahun 2019 Pasal 6 ayat (1). Diklat ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap dan perilaku serta menanamkan nilai dasar Bela Negara kepada para peserta, guna meningkatkan partisipasi aktif dalam usaha pertahanan negara.

PNS dari berbagai Kementerian dan lembaga harus memiliki kesadaran bela negara dan kemampuan untuk berkontribusi dalam perthanan negara, baik di lingkup pekerjaan, pendidikan, maupun masyarakat.

Peserta diklat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagi ilmu, menghasilkan opini, argumentasi, dan karya akademis yang adaptif, inovatif dan berkualitas.

Perlunya memperkuat dan mensinergikan “militansi rakya” serta memperkokoh komitmen nasional dalam menghadapai berbagai ancaman terhadap negara.

Kabadiklat Kemhan juga menekankan pentingnya kesadaran bela negara di tengah ancaman terhadap kedaulatan dan keselamatan bangsa, termasuk serangan siber terhadap situs pemerintah yang mengancam keamanan data nasional. Oleh karena itu, Pusdiklat Bela Negara berperan penting dalam membekali PNS dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi berbagai ancaman tersebut.

Acara ini dihadiri oleh pejabat Kementerian Pertahanan, termasuk Karopeg Setjen Kemhan, Ses Badiklat Kemhan, dan para Kapusdiklat Badiklat Kemhan. Para peserta diklat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman, serta memperkuat komitmen nasional dalam upaya bela negara.

*Bela Negara!*




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia