Upacara Pembukaan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) TA.. 2024

Jumat, 5 Juli 2024

Jakarta, Kamis (04/07).
Sobat Tekfunghan.
Kapusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Pembina Utama Muda IV/c Dr. Endang Purwaningsih, M.Si, Senin, (13/06), dalam hal ini mewakili Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan, Mayjen TNI Zainul Arifin, S.A.P., M.Sc, membuka secara resmi Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) TA.. 2024, di Aula Tentara Pelajar Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan, Jakarta. Upacara pembukaan juga dihadiri Kepala Balai Pelayanan Kesehatan (BBPK) Kementerian Kesehatan RI, Ketua Tim Kerja 2 Bidang Teknis Keprofesian Kesehatan, para perwakilan Pusdiklat Badiklat Kemhan, dan perwakilan Biro Kepegawaian Setjen Kemhan.

Pelatihan BTCLS kali ini akan di selengarakan selama 2 minggu dan diikuti oleh 25 peserta yang berasal dari Satuan Bidang Kesehatan di lingkungan Kemhan dan TNI.

Pada amanat tertulisnya Kabadiklat Kemhan mengungkapkan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan, seorang Perawat harus mampu memberikan pelayanan terbaik pada setiap situasi. Meningkatnya prevalensi penyakit jantung koroner (PJK) serta cedera akibat kecelakaan dan bencana alam telah menambah tantangan besar dalam penanganan kegawatdaruratan di Indonesia.

“Situasi ini mengharuskan kita, khususnya tenaga kesehatan, untuk memiliki kemampuan dan kesiapan yang optimal dalam menangani kondisi kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Penanganan yang cepat dan tepat, mulai dari fase pre-hospital hingga intra-hospital, menjadi kunci utama dalam mencegah resiko kecacatan dan kematian pasien”, ungkap Kabadiklat Kemhan.

Untuk menjawab tantangan ini, Badiklat Kemhan melalui Pusdiklat Tekfunghan bekerjasama dengan Balai Besar Pelayanan Kesehatan (BBPK) Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan pelatihan BTCLS. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan dasar dalam penanganan trauma dan gangguan kardiovaskuler yang esensial bagi tenaga Kesehatan. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan, khususnya para perawat, dalam menangani masalah kegawatdaruratan.
Selamat mengikuti rangkaian Pelatihan BTCLS dan tetap semangat ya rekan-rekan…

Salam Bela Negara !!!
Salam HANDAL – Humanis, Adaptif, Nasionalis, Disiplin, Akuntabel dan Loyal !!!




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia