Oktoberfest

Senin, 16 Mei 2016

Anda pernah mendengar tentang Oktoberfest? Oktoberfest adalah sebuah festifal yang diselenggarakan selama dua pekan biasanya pada setiap akhir bulan September sampai pertengahan Oktober. Festival ini dibuka secara resmi oleh walikota München. Dalam festival ini selalu disajikan bir dalam jumlah yang banyak, sehingga Oktoberfest identik dengan pesta bir, selain itu disajikan pula berbagai makanan tradisional Jerman. Pusat Oktoberfest adalah di kota Munich (München).

Sejarah Oktoberfest adalah sebenarnya merupakan acara pacuan kuda yang diselenggarakan dalam perayaan pesta penikahan putra mahkota Ludwig I dan putri Therese Saxe-Hildburghausen. Karena acara pacuan kuda tersebut sukses maka ditetapkan untuk menyelenggarakannya setiap tahun. Seiring berjalannya waktu bir selalu disajikan dalam setiap acara Oktoberfest dan bahkan menjadi simbol dari acara tersebut. Pada abad ke 20 acara pacuan kuda dalam Oktoberfest ditiadakan.

Saat ini pusat perayaan Oktoberfest adalah di Theresienwiese atau lapangan Therese di kota München. Banyak pabrik bir besar mendirikan tenda di lapangan tersebut dan menyajikan bir mereka bagi para pengunjung yang datang yang dapat dinikmati sambil menonton pertunjukan musik ataupun berbagai wahana komidi putar ataupun ayunan. Dalam festival ini biasanya pengunjung menggunakan pakaian tradisional rakyat Bavaria. Anda tertarik berkunjung ke acara Oktoberfest ? Sebagai informasi tahun 2016 ini Oktoberfest diselenggarakan pada tanggal 17 September sampai 2 Oktober di kota München.

jrm 2




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia