PENUTUPAN DIKLAT TEKNIS CYBER DEFENSE

Rabu, 23 Oktober 2013

TOT 1672Jakarta, Portal P.Tekfunghan. Pada hari, Rabu 23 Oktober 2013 Kabadiklat Kemhan Mayjen TNI Hartind Asrin menutup Diklat Teknis Cyber Defense Kemhan TA. 2013 pada pukul 09.00 WIB bertempat di Gd. Aula Tentara Pelajar Lt. II.

Dalam sambutannya Kabadiklat Kemhan mengharapkan setelah mengikuti Diklat Teknis Cyber Defense peserta memiliki kompetensi dan kualifikasi mengelola dan mengembangkan serta memanfaatkan Teknologi Informasi untuk kepentingan bidang pertahanan Negara yaitu pengamanan data dan mengeliminir dampak negatif pemanfaatan teknologi informasi oleh pihak-pihak tertentu.

Lebih lanjut Kabadiklat Kemhan, menegaskan bahwa Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi memberikan dampak manfaat besar bagi kemajuan suatu bangsa. Dalam perkembangannya, kemajuan teknologi informasi merubah hubungan antar bangsa, baik disaat masa damai maupun masa perang. Melalui pemanfaatan teknologi informasi yang konstruksif, hubungan sosial antar bangsa dapat terselenggara secara langsung dalam waktu relatif singkat Melalui teknologi informasi kemajuan ilmu pengetahuan dapat terdistribusi dan tersebar luas di tenga-tengah masyarakat. Namun Demikian tidak dapat dihindari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi informasi digunakan pula untuk tujuan-tujuan yang destrutif, baik perorangan, kelompok dan bahkan oleh negara dalam rangka menyebarluaskan pengaruh atau dalam rangka perang.

Ketersediaan akses telekomunikasi dan internet yang terus meningkat menjembatani masyarakat untuk tetap terhubung. Termasuk dari segi kultur pendidikan, perekonomian hingga pertahanan negara. Akan tetapi, pertukaran data dan informasi rupanya dapat mempengaruhi keamanan hidup serta kestabilan ekonomi suatu negara.Kementerian Pertahanan RI perlu mewujudkan sistem pertahanan bidang cyber melalui perancangan Cyber Defense yang komperenhensif dan bersinergi dengan organisasi cyber security yang sudah ada di Indonesia. Upaya tersebut dan kegiatan yang telah dan terus dilaksanakan Kemhan dalam rangka Sistem Pertahanan Siber salah satu upaya dalam menjawab tantangan terkait Cyber Defense yang dilaksanakan oleh Badiklat Kemhan adalah menyelenggarakan Diklat Teknis Cyber Defense di Pusdiklat Tekfunghan Badiklat Kemhan untuk menyiapkan pegawai/personel yang memiliki kompetensi di bidang Teknologi Informasi khususnya Cyber Defence.

Lebih lanjut Kabadiklat Kemhan mengucapkan selamat kepada Alumni atas keberhasilannya dalam mengikuti Diklat dengan Baik. Dengan pencapaian tersebut saya berharap semoga para Alumni sebagai pegawai/personel Kemhan dan TNI dalam mengemban amanah dapat melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi, loyalitas, jujur dan bertanjungjawab sehingga akan mempunyai nilai ibadah yang menuntun mencapai sukses.

Terima kasih kepada Ketua id-SIRTII dan semua pihak yang turut berpatisipasi, konstribusi serta kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan Diklat ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan yang terbaik kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia