Kesiapan Malam Bahasa dan Budaya International 2013

Senin, 21 Oktober 2013

Pondok Labu, 22/10/13. Di era globalisasi, kerja sama internasional dalam berbagai bentuk memiliki peran yang semakin penting karena masing-masing negara akan saling membutuhkan demi memenuhi kepentingan masing-masing negara maupun kepentingan bersama dihadapkan dengan pentingnya mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan. Untuk itu, kerja sama di bidang pertahanan yang salah satunya, dalam bentuk pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan RI.

Pusdiklat Bahasa selaku Sub Satker dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan RI secara umum memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang bahasa daerah, bahasa asing bagi personel Kemhan dan TNI dan bahasa Indonesia bagi Pasis Mancanegara. Untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran bahasa asing tentu perlu mengetahui kebudayaan dari negara-negara yang bahasanya dipelajari. Mengingat pentingnya hal tersebut, maka di dalam kurikulum Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan terdapat kegiatan ekstrakurikuler tentang pertunjukkan budaya dan bahasa internasional yang memperlihatkan keanekaragaman  budaya dan bahasa  berbagai negara dari para siswa yang sedang mengikuti diklat di Pusdiklat Bahasa. Oleh sebab itu, pada TA. 2013 Pusdiklat Bahasa akan menyelenggarakan gelar Malam Budaya dan Bahasa Internasional (MBBI) ke-12.  Untuk mendukung kegiatan tersebut dan pengenalan akan budaya Indonesia, maka pada MBBI kali ini, Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan mengangkat budaya Aceh yang akan ditampilkan dalam bentuk tarian dan pakaian adat, yaitu sebagai bagian dari budaya Indonesia yang tidak dapat terpisahkan dalam kerangka NKRI. 

Malam Bahasa dan Budaya International ke – 12 tahun 2013 kali ini adalah  Building Trust and Friendship to Strenghten Cooporation (Membangun Kepercayaan dan Persahabatan untuk Memperkuat Kerja Sama) yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Oktober 2013 bertempat di Lapangan Apel Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan.       

Kita harapkan semoga pelaksanaan Malam Bahasa dan Budaya International (MBBI) ke – 12 tahun 2013 dapat berjalan dengan lancar. 

 

2 Paparan MBBI 2013 ke kabadan rev5





Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia